Tanya Dokter

  • Penyebab timbul alergi obat

  •  Anjas ES
    Anggota
    Dok, saya punya alergi terhadap obat amoxcilyn dan penicilyn, biasanya dulu kalo udah terlanjur ketelen, biasanya kayak wajah merah, rada gatel gatel dsb. Saya mau tanya penyebab alergi obat ini apa ya ? Apa faktor gen ?
    Anjas ES  dr. Budiono
    Dokter

    Hai Anjas,

    Timbulnya ruam kulit kemerahan yang terasa gatal setelah mengkonsumsi obat-obatan seperti antibiotik merupakan gejala adanya reaksi alergi terhadap kandungan obat tersebut.

    Alergi merupakan reaksi tubuh yang berlebihan ketika terpapar alergen (bahan penyebab alergi) yang pada orang normal (tanpa alergi) tidak menimbulkan keluhan. Berikut adalah beberapa hal yang seringkali menimbulkan alergi :

    • Makanan laut, kacang-kacangan
    • Bulu hewan
    • Kotoran hewan
    • Cuaca
    • Debu
    • Serbuk bunga
    • Obat-obatan, terutama antibiotik dan obat antinyeri (NSAID)
    • dsb
    • Saat orang yang memiliki alergi terpapar alergen maka tubuh akan melepaskan berbagai bahan kimia yang dimediasi oleh Immunoglobulin E/IgE yang akan menimbulkan gejala-gejala alergi. Keluhan yang ditimbulkan reaksi alergi dapat berbeda-beda antar individu dan dapat berupa keluhan ringan seperti gatal-gatal sampai dengan yang sangat berat dan mengancam nyawa seperti reaksi anafilaksis.

      Risiko seseorang mengalami alergi juga akan meningkat bila orang tersebut memiliki riwayat penyakit alergi pada keluarganya dan jenis alergi yang diderita tidak harus sama. Bila Anda mengalami kondisi ini maka sebaiknya Anda mencatat dan menghentikan obat yang diduga menimbulkan reaksi alergi Anda serta segera memeriksakan diri Anda kedokter agar mendapat penanganan lebih lanjut.

      Berikut artikel terkait pertanyaan Anda :

      Penyebab Alergi

      Semoga bermanfaat,

      dr. Budiono