Tanya Dokter

  • Bibir bengkak setelah minum obat

  • Dok saya mau tanya saya baru dari bidan periksa kaRna flu dan panas. Setelah itu di beri obat panas, antibiotik dan nelco obat batuk. Setelah minum obat bibir saya bengkak , apa gara2 alergi obat yah?? mohon jawabannya

    Hai Princess,

    Bibir yang bengkak paska meminum obat memang biasanya diakibatkan oleh alergi terhadap kandungan obat yang baru saja diminum. Umumnya, disebabkan oleh obat obatan jenis antibiotik atau anti nyeri atau obat panas. Obat obatan jenis lain juga dapat menyebabkan hal ini, tergantung riwayat penderitanya.

    Penyebab yang lain adalah, kondisi penyakit yang menyebabkan bibir bengkak dan gigitan serangga. Anda dapat mengetahui lebih jelas penyebabnya setelah pemeriksaan langsung dengan dokter Anda.

    Untuk mengatasi hal ini, sebelum Anda ke dokter pastikan bahwa:

    • Anda tidak menggaruk garuk bagian tersebut
    • Stop sementara obat obatan Anda, tetapi tidak berlama lama untuk menanti anjuran selanjutnya dari dokter
    • Kompres dingin dapat membantu mengurangi  bengkak atau gatal

    Demikian penjelasannya, semoga bermanfaat