Tanya Dokter

  • Telinga seperti menebal setiap kali makan pisang

  • Selamat sore dokter,

    Saya mau bertanya, setiap kali saya  makan pisang yang matang dari pohon  telinga saya seperti terasa ada tekanan dari dalam terasa menebal  kemudian  gatal  dari dalam telinga, leher bagian dalam (tenggorokan) juga, kenapa bisa seperti itu?

    awalya waktu kecil saya  makan pisang tidak apa apa ketika saya berusia sekitar 13 tahun saya digigit semut hitam dan kemudian makan pisang malamnya biduren sejak itu saya selalu menghindari makan pisang karena  ketika makan pisang yang masak dari pohon selalu merasa gatal kadang juga cekit cekit diseluruh tubuh, tetapi kalau makan pisang yang sudah dimasak misalnya dibuat kripik atau digoreng  tidak apa apa. Saya pernah coba untuk makan pisang lagi karena dipaksa tetap saja gatal, Apakah yang saya alami ini bisa disembuhkan? bagaimana caranya ?  

    terimakasih

    Terimakasih telah bertanya di Alodokter

     

    Kemungkinan keluhan yang anda alami yakni alergi makanan. Keadaan ini merupakan suatu kondisi di mana sistem kekebalan tubuh salah mengenali makanan yang dikonsumsi sebagai 'benda asing' sehingga timbul reaksi perlawanan sistem imun sebagai mekanisme pertahanan. 

    Mengenai jenis makanan yang beragam yang dapat menimbulkan alergi (dalam kasus anda pisang matang dibandingkan pisang olahan), hal tersebut bergantung kembali kepada sistem kekebalan tubuh tiap orang yang berbeda-beda dalam mengenali suatu zat.

     

    Berbagai macam gejala alergi makanan yang dapat timbul yakni:

    -Gatal di sekujur tubuh

    -Bentol kemerahan pada kulit

    -Bengkak pada kelopak mata, bibir, telinga atau bagian tubuh lainnya

    -Muka merah

    -Mual dan muntah

    -BAB cair

    -Sesak nafas

    dan sebagainya

    Bahkan dari gejala yang timbul pun bervariatif pada masing-masing individu

     

    Beberapa jenis makanan sering menimbulkan alergi antara lain : seafood / makanan laut, telur, susu dan produk olahannya, kacang-kacangan. 

     

    Sangat penting untuk seseorang yang rentan mengalami alergi dalam mengenali makanan yang menimbulkan reaksi alergi. 

    Sejauh ini tidak ada cara yang cukup efektif untuk mencegah timbulnya alergi selain  untuk menghindari sumber alergi tersebut dengan cara tidak mengkonsumsinya.

     

    Saya sarankan anda untuk berkonsultasi dengan dokter apabila keluhan berulang. Dokter akan menyarankan anda untuk melakukan tes cukit kulit (prick test) untuk mengetahui secara pasti sumber alergi anda.

    Apabila anda mengalami reaksi alergi, penanganan oleh dokter kemungkinan berupa pemberian obat antihistamin / anti alergi.

     

    Anjuran untuk anda lakukan dirumah :

    -Hindari konsumsi makanan yang menjadi penyebab alergi

    -Makan secara teratur dengan gizi seimbang

    -Minum air putih 3 liter per hari

    -Beristirahat cukup 8 jam setiap malam

    -Kelola stres dengan baik

    -Mengkonsumsi obat anti histamin sesuai petunjuk dokter anda.

     

    Berikut artikel terkait ALERGI MAKANAN

     

    Semoga bermanfaat

    Salam, dr. Natalia