Tanya Dokter

  • Alergi sepatu bahan sintesis

  •  Afif
    Anggota

    Assalamualaikum dokter, saya alergi sepatu bahan sintesis di bagian telapak kaki kanan dan kiri lalu sama dokter saya di kasih obat yg mengandung bahan methylprednisolone. Kata dokter kemarin jika saya sembuh lalu kambuh lagi harus waspada sama alas kaki yg saya gunakan. Jika saya pakai kaos kaki apa boleh ya dok untuk melindungi kulit saya terhadap sepatu tersebut. Terimakasih

    Afif  dr. Rico N
    Dokter

    Halo Pak Alif, Dari tulisan bapak, kemungkinan bapak mengalami kondisi yang disebut sebagai dermatitis kontak alergi. Hal ini terjadi karena bapak alergi terhadap bahan yang digunakan untuk membuat alas kaki tersebut. Bahkan selama pengobatan sebaiknya tidak mengenakan/bersentuhan dengan alas kaki tersebut. Pemberian obat seperti yang diberikan oleh dokter anda sudah tepat, akan tetapi pastikan anda kontrol jika belum tampak peraikan setelah beberapa hari. Ya, anda dapat melakukan hal tersebut (mengenakan kaus kaki) untuk menghindari kontak langsung kaki anda dengan bahan sepatu tersebut. untuk informasi lebih lanjut, termasuk tips penanganan di rumah dapat anda baca pada diskusi mengenai dermatitis kontak pada tautan berikut  demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.

    Afif  Afif
    Anggota

    Terima kasih dokter untuk penjelasannya, kalau saya pakai salep kloderma secara terus menerus apakah tidak apa" dokter?

    Afif  dr. Rico N
    Dokter

    Kloderma merupakan preparat oles yang mengandung klobetasol, suatu kortikosteroid yang sangat poten (very potent). Umumnya hanya digunakan pada kasus-kasus dermatitis yang sulit / gagal ditangani dengan preparat kortikosteroid lain yang potensinya lebih lemah atau digunakan pada kasus dermatitis yang sudah terjadi likenifikasi (penebalan dan pengerasan kulit). Secara umum preparat tersebut dicadangkan untuk kasus-kasus yang sulit. Mengingat klobetasol merupakan salah satu preparat kortikosteroid yang potensinya paling tinggi, maka penggunaanya jangan sembarangan dan sebaiknya dengan konsultasi dokter untuk menentukan :

    • apakah benar-benar perlu sampai menggunakan klobetasol ?
    • jika perlu, sampai kapan digunakan (harus disesuaikan dengan kondisi klinisnya)
    Absorbsi/penyerapan sistemik tetap ada dan karena potensinya yang tinggi, penggunaannya dalan jangka panjang dapat menyebabkan berbagai efek samping seperti sindroma cushing (akibat tubuh kelebihan steroid) Pada kulit dapat terjadi gangguan pewarnaan dapat menjadi hiperpigmentasi atau hipopigmentasi. Dapat juga terjadi atrofi / penipisan kulit dan pelebaran pembuluh darah.