Tanya Dokter

  • cara menanggulangi alergi cefotaxime

  • dok anak ku usia 3thn alergixa kambuh stlh lama ga mncul awl alergi terdeteksi usia 3 buln dia smp;t msk UGD step demam tinggi hingga diagnosa pd alergi tersebut...baikxa gmn ya skrg?cara menanggulangixa

    mohon bimbingan dan infoxa trims

    Hai,   Cara pencegahan alergi terbaik adalah dengan menghindari faktor pemicu / pencetus alergi. Jika anak Anda alergi dengan Cefotaxime ( antibiotik ) maka Anda bisa mencegahnya dengan mengatakan kepada dokter setiap anak Anda berobat bahwa anak Anda memiliki alergi terhadap obat Cefotaxime. Dokter akan mengetahui dan memberikan antibiotik golongan lain yang bukan cefotaxime dan bukan dari golongan yang sama dengan cefotaxime. Baca artikel lengkap mengenai Alergi di SINI. Karena Anda mengetahui dengan jelas faktor pemicu alergi anak Anda maka untuk mencegahnya sangat mudah untuk dilakukan yaitu dengan mencegah minum obat antibiotik cefotaxim dan obat yang satu golongan dengan cefotaxime. Maka dari itu setiap sakit, berobatlah ke dokter dan jangan sembarangan meminum obat yang dibeli di apotik sendiri. Alergi merupakan suatu kondisi dimana tubuh salah mengenali suatu kontak (alergen) sebagai benda asing yang dianggap berbahaya walaupun sebenarnya tidak. Gejala alergi adalah :

    1. Batuk
    2. Bersin
    3. Bengkak pada wajah ( mata , bibir, lidah)
    4. Bentol / urtikaria
    5. Sesak nafas
    6. Rasa gatal
    7. Mata berair dan merah
    8. dll
    Gejala alergi bisa ringan sampai berat tergantung dari kondisi masing masing, gejala terberat adalah anafilaksis yang timbul segera setelah kontak dengan alergen (5 menit) dan menimbulkan gejala sesak, dada berdebar, keringat dingin dan membutuhkan penanganan medis segera. Alergi bisa dites melalui tes darah dan pemeriksaan panel Alergi seperti pin prick test  di laboratorium. Mengenali faktor pemicu alergi sangat berperan penting dalam pencegahan, jadi perhatikan baik baik kapan / setelah kontak dengan bahan apa gejala alergi anak Anda muncul. Pengobatan alergi jika telah menimbulkan gejala bisa dengan menggunakan :
    1. Obat antihistamin
    2. Kortikosteroid
    3. Epinephrin
    Pemilihan obat tergantung dari keparahan gejala yang dirasakan pasien.   Semoga membantu.   dr. Yusi