Tanya Dokter

  • Efek samping putus obata alprazolam tiba-tiba

  •  Azizah Z
    Anggota
    Jk memakai alprazolam selama 7 hari kmd dihentikan tiba tiba karna takut ketergantungan,apakah akan menimbulkan efek samping seperti putus obat

    Halo Azizah,

    Alprazolam adalah golongan obat benzodiazepine, yang bukan obat bebas dan hanya dapat diresepkan oleh dokter atas indikasi medis yang sesuai, seperti untuk mengatasi serangan panik dan gangguan kecemasan. Obat ini bekerja langsung di sistem saraf otak.  Sama halnya dengan pemberian, menghentikan konsumsi alprazolam juga harus atas pertimbangan dan hasil pemeriksaan dokter, karena obat ini harus diturunkan dosisnya secara bertahap sesuai dengan pengaturan dari dokter yang menangani. Obat ini benar bisa menimbulkan suatu ketergantungan atau kecanduan, dan menghentikan obat secara mendadak dapat menimbulkan gejala putus obat seperti keringat dingin, gemetaran, kebingungan/disorientasi, muntah, hingga penurunan kesadaran. Beberapa efek samping yang dapat ditimbulkan oleh obat ini antara lain mengantuk, sulit berkonsentrasi, pusing, dan penurunan kemampuan mengingat, sehingga disarankan tidak mengemudikan kendaraan setelah mengkonsumsi obat dan cukup beristirahat. Oleh karena itu, disarankan agar anda berkonsultasi kembali dengan dokter untuk memastikan perlu tidaknya alprazolam dihentikan dan bila ya maka dokter dapat mengatur penyesuaian dosis yang tepat untuk anda. 

    Semoga informasi ini bermanfaat.

    Salam, dr. Delvira