Tanya Dokter

  • Alternatif lain selain suntik insulin untuk DM tipe1

  •  Aak Inow
    Anggota

    Dokter adaksh alternatif lain untuk DM tipe 1 selain suntik insulin. Saya menderita diabet tipe 1 kta dokter saya hrus sntik insulin seumur hidup. Kalu suntik insulin terus ada efek smpingnya gak dok...???

    Halo Aak, Diabetes melitus tipe 1 adalah kondisi dimana organ pankreas dalam tubuh tidak mampu memproduksi insulin sehingga gula di dalam darah tidak dapat memasuki sel dan diolah menjadi energi akibatnya kadar gula dalam darah menjadi meningkat. Pada penderita DM tipe 1 ini pengobatan dengan menggunakan insulin tidak dapat dihentikan, selain dengan cara suntik ada ada alternatif lain yang dapat digunakan untuk terapi insulin pada DM tipe 1 antara lain :

    • Pemberian insulin dengan terapi pompa, ini merupakan alat penampung insulin berukuran kecil yang bekerja menyalurkan insulin ke aliran darah dengan takaran yang dapat diatur melalui selang kecil dengan jarum diujungnya yang di masukkan ke tubuh umumnya lewat perut.
    • Penanganan dengan transplantasi sel islet. Sel islet ini merupakan jenis sel pankreas yang menghasilkan insulin dapat diperoleh dari donor yang sudah meninggal dan ditransplantasikan ke dalam pankreas penderita DM tipe 1.
    Jika dibandingkan dengan pemberian insulin melalui suntikan memang kedua alternatif diatas masih jarang digunakan di Indonesia dan harganya masih relatif lebih mahal. Beberapa komplikasi yang mungkin muncul pada pemberian insulin antara lain :
    • Reaksi alergi disekitar lokasi bekas suntikan berupa rasa terbakar, kemerahan, gatal, pembengkakan yang umumnya terjadi hanya beberapa jam
    • Kadar gula darah yang terlalu rendah (hipoglikemia)
    • Berat badan yang meningkat
    • Edema insulin
    Pengobatan dengan menggunakan insulin ini tentunya harus didukung juga dengan pola hidup yang sehat agar menjaga kadar gula darah tetap seimbang. Dan lakukan kontrol secara rutin dengan dokter yang menangani Anda sehingga riwayat perjalanan penyakit Anda dapat terkontrol dan pemakaian insulin tetap dibawah pengawasan dokter. Baca artikel terkait : Pengobatan DM tipe 1 Semoga membantu, dr. Rievia