Tanya Dokter

  • Gejala dan cara menangani penyakit alzheimer

  •  Wibi Miskal
    Anggota

    Siang dok.. Saya punya seorang ayah berusia 63tahun.. Tadi pagi (21/7/15) beliau mengalami kebingungan dan ini pertama kali beliau alami.. "Mas, kita sekarang ada dirumah mana??" "Mas, tadi papa udah makan apa belum??" Semua saya jawab dengan apa adanya, setelah itu spontan saya bertanya "nama mas siapa pa??", "papa punya anak berapa??", "nama papa siapa??", alhamdulillah bapak saya masih bisa menjawab dengan cepat dan tepat..

    Yang coba saya tanyakan ke dokter, apakah bapak saya mengalami penyakit alzheimer/pikun dok..?? Apakah ada obat yang bisa mencegah atau memperlambat kerja penyakit tersebut..??

    Mohon dijawab dok, saya dan keluarga butuh masukan dokter demi kesehatan bapak saya..

    Hai Wibi, Penyakit alzheimer merupakan jenis demensia yang paling umum terjadi. Penyakit alzheimer ditandai dengan melemahnya daya ingat, hingga gangguan otak dalam melakukan perencanaan, penalaran, persepsi dan berbahasa. Gejala pada alzheimer akan berkembang seiring dengan berjalannya waktu mulai dari lup apa yang baru saja dibincangkan sampai masalah dalam berbahasa dan tidak bisa melakukan aktifitas biasa sendirian. Penyebab pasti dari alzheimer belum dapat diketahui namun menurut penelitian penyakit ini muncul akibat adanya penumpukan protein beta-amyloid di dalam otak dan menyebabkan kematian sel saraf. Faktor risiko penyebab alzheimer adalah:

    • Pertambahan usia
    • Cidera parah di kepala
    • Riwayat kesehatan keluarga atau faktor genetika
    • Gaya hidup
      Penderita alzheimer biasanya hidup 8 sampai 10 tahun sejak diagnosis alzheimer ditegakkan namun ada juga yang hidup lebih lama dari itu. Untuk itu, jika anda atau orangtua anda memiliki gejala sering lupa tentang sesuatu dan anda mencurigai memiliki gejala seperti alzheimer sebaiknya anda secepatnya berkonsultasi dengan dokter sehingga dapat diberikan berbagai pencegahan agar penyakit alzheier tidak berkembang cepat. Belum ada pemeriksaan yang pasti untuk mendiagnosis penyakit alzheimer namun dokter kebanyakan akan menganamnesis atau menanyakan tentang riwayat orang yang mengalami alzheimer. Pengobatan yang dilakukan pun tidak spesifik untuk memyembuhkan namun hanya membantu agar penyakit alzheimer tidak semakin berkembang dan untuk meredakan gejala yang dialami. Anda dapat menyarankan ayah anda untuk melakukan hal-hal di bawah ini:
    • Konsumsi makanan yang sehat yang kadar lemak rendah
    • Tingkatkan mengkonsumsi makanan berserat seperti buah-buahan dan sayuran
    • Berhenti merokok dan hindari konsumsi minuman beralkohol
    • Jika ayah anda menderita stroke, diabetes, hipertensi, atau kolesterol tinggi teraturlah dalam mengkonsumsi obat yang disarankan dokter dan menjalani pola hidup sehat
    • Jika ayah anda mengalami kelebihan berat badan atau obesitas, berusahalah untuk menurunkan berat badan secara aman dan perlahan
    • Pastikan ayah anda rutin mengontrol dan memeriksakan tekanan darah serta kadar kolesterol dan gula, agar ayah anda selalu waspada
    • Olahraga rutin sedikitnya 3 kali dalam satu minggu, namun olahraga yang dilakukan jangan terlalu berat contoh olahraga yang disarankan seperti jalan cepat.
    • Menyarankan ayah anda untuk banyak membaca dan sebaiknya keluarga membantu agar ayah anda tetap bisa mengingat namun jangan terlalu dipaksakan.
    Anda dapat membaca artikel di bawah ini: Alzheimer Daya ingat menurun Semoga membantu dr. Yosephine U L Simanungkalit