Tanya Dokter

  • amandel masih bengkak setelah minum antibiotik

  •  Neni Rosipa
    Anggota

    Salam. ..dok, anak saya radang amandel, gejala demam..suara agak bindeng.sukar menelan, amandelnya kanan dan kiri bengkak ..sampai keduanya bertemu..setelah dua hari minum antibiotik cefadroksil 1,5 cap sehari dibagi 2dosis pagi dan malam, selama seminggu. Setelah dua hari gejala2nya hilang dan bengkaknya berkurang , makan sudah tidak sakit lg. Tetapi setelah 1 minggu selesai minum antibiotiknya, sisa bengkak amandelnya belum berkurang lagi dan masih ada gejala bau mulut. Apakah ini wajar masih dalam penyambuhan atau sebenarnya pengobatannya yg kurang dosis atau apa ya dok? Anak saya usia 7 tahun berat sbelum pengobatan 24kg..sekarang sepertinya menyusut..t sekian. Terimakasih sebelumnya dok

    Hello, Pada saat terjadinya peradangan atau infeksi, amandel akan ikut membesar sebagai tanda diproduksinya sel-sel daya tahan tubuh untuk melawan penyakit (bisa berupa virus, kuman, atau mikroorganisme lain). Bengkak pada amandel biasanya akan menetap dan kemudian menurun secara perlahan-lahan sesuai dengan perkembangan umur, sampai organ lain yang juga memproduksi imunitas sudah mulai berkembang baik. Untuk membantu penyembuhan peradangan pada amandel dapat dilakukan hel berikut :

    1. Istirahat yang cukup
    2. Minum air putih yang banyak
    3. Kurangi makanan-makanan yang mengandung minyak dan dapat merangsang batuk
    Untuk informasi lebih lanjut tentang pengobatan radang amandel dapat dibaca laman http://www.alodokter.com/radang-amandel/pengobatan Sedangkan untuk gejala bau mulut, bau mulut dapat disebabkan pada orang yang sehat terutama pada saat pagi hari, lapar atau pada saat haus. Namun bisa juga terjadi sebagai pertanda adanya penyakit di dalam tubuh si penderita. Berikut adalah kemungkinan yang bias terjadi jika memiliki gejala bau mulut :
    1. Kurang minum
    2. Kurangnya kebersihan mulut
    3. Mengkonsumsi makanan atau minuman tertentu
    4. Merokok
    5. Gangguan gusi
    6. Gangguan saluran pencernaan
    7. Gangguan metabolic seperti diabetes
    8. dan lainnya
    Untuk menegakkan penyebab terjadinya bau mulut secara pasti, Ibu bisa memeriksakan anak Ibu ke dokter yang memeriksa sebelumnya. Berikut ini adalah penanganan yang bisa Ibu lakukan di rumah untuk mengurangi gejala bau mulut :
    1. Mensikat gigi secara teratur
    2. Minum air putih yang cukup
    3. Memeriksakan gigi ke dokter gigi secara teratur
    4. Mencatat makanan-makanan yang dapat menyebabkan bau yang tidak sedap.
    Berikut adalah laman yang membahas tentang bau mulut tidak sedap : http://www.alodokter.com/menghalau-bau-napas-tak-sedap Untuk dosis antibiotic cefadroxil yang dikonsumsi sebelumnya, dosis yang diberikan sudah tepat dan waktu pemberianpun sudah baik. Berikut adalah laman mengenai obat cefadroksil : http://www.alodokter.com/Cefadroxil Semoga dapat bermanfaat. Salam, dr Henry Andrean  

  • Apakah informasi ini bermanfaat untuk anda? Iya atau Tidak

    Terima kasih atas masukan anda.