Tanya Dokter

  • Cara mengatasi amandel bengkak pada anak-anak

  •  Wensi Sulaini
    Anggota

    Aslmkm. Maaf dok mau tanya anak saya umur 4tahun akhir2 ini dia suka batuk ketika tidur dia ngorok kencang sekali dok trus bicaranya agak sengau seola2 ada yg ganjal tenggorokannya nah pas saya senter mulutnya lobang tenggorokan alias amandelnya udah ketutup kasian banget lihatnya kl lg tidur .tlg infonya dok gimana dan apa obatnya makasih ya dok dr ibu wensi bengkulu

    Halo Bu Wensi,

    Amandel yang membesar disebut juga dengan tonsilitis. Tonsil merupakan kelenjar yang terdapat di kanan dan kiri dinding tenggorokan. Tonsil berperan sebagai pertahanan tubuh ketika terjadi infeksi. Dikarenakan sistem pertahanan tubuh pada anak masih belum sempurna, maka tonsil adalah organ yang pertama kali membesar jika terjadi infeksi.

    Penyebab paling umum tonsilitis adalah infeksi virus. Infeksi virus pada umumnya akan mereda dengan sendirinya. Beberapa hal yang dapat anak Anda lakukan adalah banyak beristirahat, banyak meminum air putih, dan meminum obat seperti paracetamol untuk meredakan gejala seperti demam atau nyeri menelan.

    Selain infeksi virus, tonsilitis juga dapat disebabkan oleh infeksi bakteri. Untuk memastikan apakah tonsilitis disebabkan oleh virus atau bakteri, perlu dilakukan pemeriksaan usapan lendir tenggorok. Ketika tonsilitis disebabkan oleh infeksi bakteri, maka pemberian antibiotik akan cukup membantu.

    Jika pembesaran amandel sudah terlalu sering dan sampai mengganggu aktivitas, maka pilihan untuk melakukan operasi amandel dapat menjadi pertimbangan.

    Silahkan membaca artikel berikut tentang radang amandel

    Semoga dapat membantu Anda,

    dr. Tri