Tanya Dokter

  • Tenggorokan terasa sakit dan sulit menelan

  • Assalamuala' ikum dok..q echo..sya mau tanya dok.. Kebetulan di leher dalam sya sakit tuch dok.. Itu penyaki apa ya dok? Pa radang pa amandel.. Soal nya kalo buwat nelan sakit..

    Echo Chiliwier  dr. Rico N
    Dokter

    Hai Echo, Nyeri saat menelan atau yang dalam istilah medis disebut odinofagia merujuk nyeri yang ditimbulkan oleh saluran pencernaan yang berfungsi dalam proses menelan, yaitu tenggorokan/ faring dan esofagus (jarang). Nyeri tenggorokan sering disebabkan oleh peradangan pada faring, yang dikenal dengan istilah faringitis. Faringitis dapat disebabkan oleh infeksi ataupun iritasi. Baca diskusi mengenai faringitis. Artikel lengkap mengenai faringitis, klik di sini Selain peradangan faring, pada anak-anak sering ditemukan amandel atau tonsil, yang bila mengalami peradangan (tonsilitis) juga menimbulkan nyeri saat menelan. Amandel termasuk dalam sistem pertahanan tubuh, terdiri dari dua kelenjar kecil yang dapat ditemukan di tenggorokan. Amandel umumnya akan menyusut setelah anak berusia 10- 11 tahun karena perannya sebagai sistem kekebalan tubuh telah tergantikan, kecuali pada anak yang amandelnya terlalu sering mengalami peradangan. Artikel lengkap tentang radang amandel, klik di sini Sering kali, peradangan tenggorokan dan amandel terjadi secara bersamaan yang disebut dengan tonsilofaringitis. Kondisi ini dapat diakibatkan oleh infeksi maupun iritasi. Untuk membedakan apakah yang Anda alami hanya faringitis atau tonsilofaringitis, disarankan agar Anda menemui dokter, sehingga dapat diberikan pengobatan yang sesuai Beberapa tips untuk mencegah faringitis ataupun tonsilofaringitis:

    • minum cukup air putih
    • makan teratur dan terapkan menu bergizi
    • hindari makanan/ minuman yang dapat menyebabkan iritasi, seperti makanan yang terlalu panas/ dingin, terlalu pedas, rokok, alkohol
    • berkumur dengan air garam atau antiseptik untuk mengurangi nyeri
    • istirahat cukup
    Demikian, semoga membantu dr. Rico Novyanto  

    Hai Penyebab dari nyeri tenggorok dan sulit menelan antara lain:

    • Infeksi atau peradangan pada tonsil/amandel dan tenggorok. Ini dapat disebabkan infeksi virus atau bakteri, biasanya disertai gejala panas/demam, dan juga infeksi saluran pernapasan lain seperti batuk dan pilek.
    • Penyakit Asam lambung. Asam lambung yang naik ke tenggorok dapat mengiritasi tenggorokan sehingga menyebabkan nyeri saat menelan. Biasanya disertai gejala terasa asam pada tenggorok dan juga gejala penyakit asam lambung lain seperti, nyeri ulu hati, mual, kembung, terasa sesak dan nyeri di dada.
    • Gangguan/kelainan persarafan, otot atau peradangan pada esofagus (saluran mekanan pada tenggorok).
    Untuk memastikannya sebaiknya Anda ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan fisik langsung dan juga pemeriksaan penunjang bila diperlukan seperti endoskopi. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william