Tanya Dokter

  • amankah mengonsumsi obat diet?

  •  Meyla Revin
    Anggota

    Selamat pagi Dok, saya Icha, 16 tahun. Kemarin saya tertarik melihat iklan pil diet yang bermerk “Body Slim Herbal (BSH).” Saya sudah browsing mengenai info obat itu dan saya pesan ke salah satu olshop. Tapi Dok, saya ketahuan oleh mama saya dan saya di marahi, katanya obat diet itu bahaya. Sebenarnya saya tidak terlalu gemuk Dok, bb saya 65kg tinggi 163cm. Tapi saya ingin memiliki berat badan 52kg Dok. Bagaimana menurut Dokter? Apakah obat diet tersebut berbahaya, apa saja efeknya? Dan sudah bolehkah usia 16 tahun mengkonsumsi obat diet? Mohon dibalas, Terima kasih Dok atas jawabannya.

    Halo Icha, Dengan tinggi 163cm dan berat 65kg menurut Body Mass Index (BMI) nilai kamu adalah 24,5 yang berarti normal. Jika kamu ingin menurunkan hingga 52kg, nilai kamu adalah 19,5 yang masih dalam golongan normal juga. Dengan kata lain dalam sudut pandang medis, penurunan berat badan yang kamu lakukan tidak terlalu besar membuahkan hasil. Tapi dalam sudut pandang kecantikan, hal tersebut kemungkinan memiliki hasil yang lebih baik. Obat diet baik yang kamu sebutkan diatas ataupun yang beredar di pasaran memiliki efek untuk menekan nafsu makan. Dalam kandungan obat diet, ada beberapa bahan yang berbahaya untuk tubuh. Kandungan obat diet yang baik dan tidak baik untuk tubuh dapat anda baca dikemasan obat. Dalam usaha penurunan berat badan, anda dapat melakukan hal berikut:

    • Mengurangi jumlah asupan kalori/makanan yang masuk dengan diet yang sehat atau diet mayo.
    • Meningkatkan pembakaran lemak dengan berolahraga yang cenderung melatih jantung dan pernapasan seperti berenang, bersepeda, atau lari (jogging). Pada diet mayo juga dianjurkan untuk berolah raga ringan dengan bertahap.
    Penggunaan obat penekan nafsu makan merupakan jalan terakhir dalam membentuk tubuh yang ideal. Berikut beberapa tips dalam diet:
    • Konsultasikan kondisi anda dengan dokter ahli gizi. Tidak semua orang memiliki takaran yang sama dalam diet. Hal ini juga dapat mencegah penyakit pencernaan seperti maag
    • Kurangi menyemil (makan makanan ringan) terutama yang tinggi kalori
    • Perbanyak makan sayuran agar anda merasa kenyang lebih lama
    • Disiplin berolah raga
    Berikut juga merupakan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan masalah berat badan: Tentang OCD Remaja merasa gemuk Obat diet Semoga membantu, Dr. Yosephine U. L. Simanungkalit