Tanya Dokter

  • Bolehkah memberi campuran ASI dan susu formula ?

  • Dok, ini adalah anak pertama saya, dia lahir kemarin tgl 20 oktober 2017. Dok saya memberi anak saya asi tapi melalui asi perah dan saya masukan kulkas kemudian saya hangatkan.. dia juga saya kasih sufor tapi hanya 1 atau 2 botol 50cc aja per harinya. Ngga sering.. Alasan saya karena (maaf) puting payudara saya sangat kecil & tdk keluar makanya saya perah. Apakah ada saran dok? Apakah aman memberi si kecil asi perah setiap hari? Dan untuk campuran susu formula apakah ada waktu yg ditentukan? Atau asal saja campur asip & sufor? Terimakasih dokkkkk

    Halo Jasmine, 

    Saya memahami kondisi yang Anda hadapi. Puting susu tidak keluar (baik datar atau terbenam) atau sering disebut juga inverted nipple sering membuat ibu tidak percaya diri untuk menyusui bayinya secara langsung. Padahal, keluar atau tidaknya puting tidak mempengaruhi proses menyusui. Mulut bayi seharusnya melekat ke areola (area kecoklatan) bukan ke puting. Oleh karena itu, tidak ada halangan bagi Anda menyusui bayi secara langsung.

    Berikut anjuran mengatasi puting datar/ terbenam :

    • tarik-tarik puting dengan lembut beberapa kali hingga puting keluar
    • bisa gunakan spuit dan tarik perlahan
    • memompa ASI menggunakan alat pompa khusus

    Bila dengan anjuran sederhana di atas tidak mengatasi permasalahan Anda, sebaiknya berkonsultasi secara langsung dengan konsultan laktasi. Anda bisa menemui konsultan laktasi di berbagai klinik laktasi yang umumnya berada di rumah sakit ibu dan anak (RSIA). Konsultan laktasi akan mengajari Anda posisi dan perlekatan menyusui yang benar sehingga menyukseskan pemberian ASI secara langsung, yang mana akan meningkatkan produksi ASI hingga nantinya lepas dari pemberian susu formula. Perlu Anda ketahui, dalam 6 bulan pertama kehidupannya, ASI adalah nutrisi terbaik bagi bayi.

    Semoga bermanfaat ya

    dr. Lili