Tanya Dokter

  • Amankan bayi tinggal serumah dengan penderita TB

  •  EgroAmore
    Anggota
    Sore dokter, saya ingin bertanya aman tidak bayi usia 1 bulan tinggal bersama pengidap tb, ibu saya mengidap tb dan skrg menjalani pengobatan, ibu saya tidak pernah menggendong bayi saya dan selalu menjaga jarak sekita 1 meter degan anak saya dgn saya pun ibu menjaga jarak, tp saya tetap kawatir anak saya tertular. Menurut doter aman tidak??

    Halo EgroAmore, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Penyakit tuberkulosis dapat menular bila infeksi kuman TB terjadi pada paru. Kuman  TB pada penderita TB paru dapat menyebar melalui udara saat penderita TB paru bicara, batuk, tertawa, bersin, atau bernyanyi. Seseorang dapat tertular kuman TB bila menghirup udara yang mengandung kuman TB ini. Kelompok yang rentan tertular penyakit tuberkulosis adalah bayi dan anak-anak, orang tua, orang yang memiliki sistem imunitas yang lemah seperti penderita HIV, orang dalam pengobatan kemoterapi, serta orang dalam pengobatan steroid dosis tinggi. Bayi memang memiliki risiko lebih tinggi untuk tertular kuman TB, namun terdapat beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk mencegah penularan pada bayi:

    1. Penderita TB sebaiknya menggunakan masker saat berada satu ruangan dengan bayi
    2. Pastikan penderita TB menutup mulut dan hidung saat sedang batuk atau bersin
    3. Pastikan penderita TB selalu meminum obat TB dengan teratur, biasanya setelah meminum obat antituberkulosis selama setidaknya 2 minggu, penyakit TB sudah tidak menular lagi (perhatikan bahwa kondisi menular tidaknya kuman TB ini bisa berbeda-beda pada setiap orang) 
    4. Hindari tidur dalam satu ruangan, minimalkan bayi berada dalam satu ruangan dengan penderita TB
    5. Selalu buka jendela dan pintu rumah agar ventilasi di dalam rumah tetap baik, terutama ventilasi di kamar penderita TB
    6. Usahakan agar setiap ruangan selalu mendapat pencahayaan matahari yang baik

     

    Kuman TB tidak akan menular melalui:

    1. Menggunakan gelas atau alat makan yang sama dengan penderita TB
    2. Merokok dari rokok yang sama
    3. Berciuman
    4. Bersalaman
    5. Berbagi makanan
    6. Menggunakan tempat tidur atau duduk di toilet yang sama

     

    Sekian informasi dari saya, semoga menjawab

     

    dr. Irna Cecilia