Tanya Dokter

  • Mengatasi ambeien saat hamil

  •  Hendrawan13
    Anggota

    Hai dok, saya Tera, usia 25 tahun, 

    sekarang saya sedang hamil anak pertama usia 21 minggu. 

    mohon maaf sebelumnya bila nanti kata-kata saya agak jorok ya..

    Semenjak hari minggu (12 November 2017), saya tiba-tiba terserang wasir. 

    dan benjolannya besar di setengah lingkaran anus sekitar sebesar kacang tanah. 

    di hari itu saya langsung ke UGD, dan benjolan tersebut dapat dimasukan kembali. keesokannya saya langsung ke dokter kandungan, dan disarankan tidak perlu konsultasi ke dokter bedah, karena wasirnya belum berdarah. lalu diresepkan obat salep

    Namun hari ini (3 hari kemudian), benjolannya belum mengempes. dan saya coba masukan dengan jari, sudah tidak bisa lagi. sepertinya sudah masuk ke stadium 4, padahal sebelumnya (selama gadis) sya tidak pernah mengalami ini. 

    minggu ini saya rencana menemui dokter bedah, namun sebelumnya saya ingin mendapat informasi terlebih dahulu.

    terkait hal tersebut, ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan dok:

    1. apakah operasi pengangkatan wasir adalah penyembuhan yang terbaik?

    2. apakah operasi wasir saat hamil, aman dilakukan?

    3. pengidap wasir beresiko tidak bisa melahirkan normal, apakah setelah operasi, peluang untuk melahirkan normal lebih besar?

    sy tunggu informasinya ya dok.. 

    Hendrawan13  dr. Adhi Pasha
    Dokter

    Halo Tera,

    Teriakasih sudah bertanya di Alodokter. Wasir meruapkan benjolan akibat pelebaran pembuluh darah venapada anus. Pada kondisi hamil sering kali terjadi terlebih karena sudah memiliki wasir sebelum kehamilan dan bertambahnya berat badan saat kehamilan, perubahan hormon dan suplemen zat besi yang membuat BAB menjadi kurang lancar juga dapat mempengaruhi terjadinya wasir.

    Wasir sendiri terdiri dari beberapa derajat yaitu derajat 1 dimana tidak terdapat benjolan dan timbul bab darah, derajat 2 dimana timbul benjolan tetapi dapat masuk kembali dengan sendirinya, derajat 3 dimana benjolan perlu dibantu didorong denan jari untuk kembali masuk, dan derajat 4 dimana benjolan tidak dapat masuk kembali.

    Operasi wasir dilakukan jika wasir mencapai derajat 3 atau 4 atau jika upaya lain tidak memberikan hasil maksimal seperti penggunaan krim atau obat. Operasi wasir juga dapat dilakukan dengan beberapa teknik selain pengangkatan wasir dengan cara biasa seperti misalnya ligasi arteri hemoroid tetapi tentunya toleransi operasi seperti efek anestesi pada ibu atau janin menjadi pertimbangan terlebih jika sedang dalam masa kehamilan maka operasi lebih sering dilakukan setelah proses melahirkan. Untuk itu perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter ahli bedah dan dokter kandungan mengenai kondisi Anda dan juga rencana penanganan selanjutnya.

    Upayakan untuk minum cukup air setidaknya 2 liter perhari, makan-makanan berserat agar membuat tinja lebih lunak dan menghindari sembelit, hindari mengejan saat buang air besar, mengompres bagian hemoroid untuk mengurangi pembengkakan dan meredakkan nyeri dan tetap aktif bergerak untuk menghindari tekanan lebih besar pada anus akibat duduk terlalu lama.

    Semoga bermanfaat,

    dr. Adhi P.