Tanya Dokter

  • Cara mengatasi ambeien/wasir saat hamil

  •  nilamandini
    Anggota
    Selamat malam dok, saya ingin bertanya Saya hamil memasuki 8 bulan dok.. Semenjak hamil terutama hari ini, saya mengalami ambeien/wasir dok.. setelah BAB , saya merasakan adanya benjolan yg keluar disekitar anus.. Yang jadi pertnyaan saya, bagaimana cara mengatasinya dok? apakah saya boleh pakai salep atau obat ambeien? Salep atau obat apa yang aman bagi saya selaku ibu hamil dok? Mohon tolong dijawab.trims

    Halo nilamandini, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Ambeien atau wasir  atau yang dalam istilah kedokteran disebut juga dengan hemoroid adalah suatu benjolan di anus yang muncul karena pelebaran pada pembuluh darah vena di anus dan usus besar sebelah bawah. Hemoroid dapat muncul pada berbagai kondisi, namun cukup sering terjadi pada masa kehamilan terutama kehamilan besar.

    Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi hemoroid:

    • Bila anda memiliki masalah konstipasi, anda perlu mengatasi konstipasi atau susah buang air besar terlebih dahulu. Berikut ini adalah cara mengatasi konstipasi:
    1. Mengubah pola makan, yaitu dengan banyak makan makanan berserat seperti buah, sayur, gandum utuh, beras merah
    2. Jangan konsumsi daging berlebihan, serta kurangi makanan berlemak, dan gula
    3. Hindari konsumsi alkohol dan kurangi konsumsi kafein
    4. Banyak minum air putih, setidaknya 2 liter sehari
    5. Olah raga teratur dan banyak beraktivitas yang menggerakkan tubuh
    6. Menghindari duduk terlalu lama
    7. Jangan menahan keinginan BAB
    • Melakukan sitz bath, yaitu merendam area anus dengan air hangat selama 10-15 menit 2 hingga 3 kali sehari untuk melancarkan peredaran darah ke area anus  dan meredakan nyeri
    • Menggunakan krim Hemoroid yang mengandung kortikosteroid dan antinyeri topikal yang dijual bebas di apotek. Perhatikan bahwa krim kortikosteroid tidak boleh digunakan lebih dari 7 hari kecuali dengan instruksi dokter. Krim hemoroid cenderung aman digunakan untuk wanita hamil, namun sebaiknya anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan atau bidan anda sebelum menggunakannya.
    • Bila hemoroid sedang membengkak dan nyeri, dapat dilakukan kompres area anus dengan es atau kompres dingin
    • Bersihkan daerah anus dengan baik, hindari produk pembersih yang mengandung alkohol atau pewangi.
    • Hindari meneran terlalu kuat saat BAB, anda dapat BAB dengan posisi jongkok, atau bila toilet anda adalah toilet duduk, anda dapat meletakkan kaki anda pada kursi kecil agar menekuk seperti posisi jongkok saat BAB. Posisi ini akan membuat saluran pembuangan lebih lurus, dan feses lebih mudah keluar.

     

    Bila hemoroid anda tidak membaik dengan cara-cara di atas, sebaiknya anda konsultasikan kembali dengan dokter kandungan atau bidan anda untuk penatalaksanaan selanjutnya. Dokter kandungan dan bidan dapat memberikan resep pencahar yang aman untuk digunakan ibu hamil untuk membantu mengatasi kondisi konstipasi yang dapat memperparah kondisi hemoroid.

     

    Sekian informasi dari saya, semoga bermanfaat

     

    dr. Irna Cecilia