Tanya Dokter

  • mengatasi wasir yang gatal dan perih

  •  azaleaputrii
    Anggota

    Dok saya ambeien tapi cuman benjolan doang gatel sama perih ga sampe mengeluarkan darah dll saya minum obt biar benjolanya kempes udah kempes lalu ada lagi kenapa ya dok kira kira harus minum obat apa. ?

    Hai Azaleaputrii, Ambeien atau disebut juga dengan wasir (hemoroid) merupakan kondisi di mana terjadi pembengkakan pembuluh darah sekitar anus, sehingga menyebabkan timbulnya benjolan di tepi anus. Pada fase awal benjolan dapat hilang timbul, terutama benjolan muncul akibat mengejan berlebihan (misalnya akibat BAB keras) atau berjongkok terlalu lama. Benjolan dapat kembali masuk dengan sendirinya, kemudian dapat muncul lagi saat mengejan berlebihan kembali dan seterusnya. Gejala lain yang dapat timbul pada wasir adalah perdarahan setelah BAB yang berwarna merah terang, terasa nyeri, kemerahan dan bengkak di sekitar anus, anus berlendir dan gatal, dan sebagainya. Berdasarkan tingkat keparahannya wasir dapat diklasifikasikan dalam 4 derajat:

    1. Derajat 1: timbul perdarahan setelah BAB, namun tidak muncul benjolan
    2. Derajat 2: timbul benjolan di tepi anus yang dapat kembali masuk dengan sendirinya
    3. Derajat 3: benjolan anus harus dimasukkan dengan jari
    4. Derajat 4: benjolan anus tidak dapat masuk kembali
    Penanganan wasir akan sangat tergantung pada tingkat keparahannya, yaitu meliputi pemberian obat-obatan (baik dalam bentuk salep, krim, suppositoria/obat yang dimasukkan dalam anus, maupun obat minum), prosedur tertentu (pengikatan wasir, suntikan skleroterapi) hingga tindakan operasi. Untuk dapat menentukan penanganan yang tepat bagi Anda tentunya terlebih dahulu diperlukan pemeriksaan oleh dokter. Sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter agar benjolan yang timbul dapat diperiksa secara langsung untuk memastikan penyebabnya, apakah memang disebabkan oleh wasir atau akibat kondisi medis lain (seperti polip anus, fistula ani, abses perianal dan sebagainya). Dengan demikian penanganan yang tepat dapat diberikan bagi Anda sesuai dengan penyebab dasarnya. Untuk meringankan keluhan berikut ini anjuran yang dapat Anda lakukan:
    • Perbanyak konsumsi air putih 2-3 liter sehari untuk melancarkan pencernaan
    • Konsumsi makanan yang kaya serat (buah, sayur, oat, biji-bijian dan sebagainya)
    • Jangan menahan keinginan untuk BAB
    • BAB secara teratur
    • Hindari mengejan berlebihan saat BAB
    • Hindari duduk terlalu lama atau mengangkat beban berat
    Informasi berikut ini dapat berguna: Wasir/hemoroid Demikian semoga bermanfaat. dr. Muliani Sukiman