Tanya Dokter

  • ambien, apa harus di operasi ?

  •  Dhani Maximus
    Anggota

    dok, saya berumur 18 tahun

    saya sudah lama mempunyai penyakit ambien yg saya ingat sdh sekitar 3 tahunan.

    ambien saya mungkin sdh stadium 3, soalnya masuknya sudah susah dan harus di dorong2.

    tapi minggu ini saya masih merasakan sakit di dalam anus walaupun ambien sdh masuk, seperti ambiennya ingin sekali keluar dari anus, saya sangat tidak fokus dalam beraktivitas dok.

    apa memang harus di operasi ?

    Halo, Ambien atau hemoroid merupakan pembengkakan pembuluh darah yang terjadi pada daerah sekitar anus. Yang dibagi menjadi

    • Tingkat 1, benjolan kecil muncul di dinding anus namun tak terlihat dari luar anus
    • Tingkat 2, benjolan keluar pada saat buang air besar namun masuk kembali secara sendirinya setelah BAB,
    • Tingkat 2, perlu dilakukan pendorongan agar benjolan mau kembali masuk kedalam anus,
    • Tingkat 4, benjolan tidak dapat lagi masuk kedalam walau sudah didorong.
    Pada tahap awal dapat dilakukan perubahan pola hidup dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak serat, tidak malam lama mengedan, dan bila terasa nyeri dapat diberikan obat pereda rasa sakit. Pada dasarnya pemilihan operasi hemoroid sangat subjektif (tergantung pasien), bila terasa mulai mengganggu dan dirasa menurunkan kualitas hidup maka operasi dapat segera dilakukan. Secara medis tindakan baru dilakukan pada tingkat 4 atau terjadi infeksi yang meluas. Lakukan konsultasi ke dokter spesialis bedah umum guna mendapatkan pemeriksaan fisik dan perencanaan tindak lanjut dari keluhan yang saat ini dirasakan. Berikut saya sertakan artikel tentang hemoroid. Semoga bermanfaat, dr. Aditya Pratama  

    Dhani Maximus  Dhani Maximus
    Anggota

    Terima kasih dok, saya sudah cek ke spesialis bedah tadi siang dan memang blm disarankan utk di operasi, hanya di kasih obat ambien sama pereda nyeri. semoga ambien saya cepat sembuk ya dok. amin. hehe

    Semoga lekas sembuh.  

    dok saya numpang tanya,,saya opik 30 th,,saya habis operasi pengangkatan hemoroid 3 mggu lalu tp lom sembuh juga luka operasinya tiap mau bab susah dan msh brdarah ,,tp saya tidak mengalami demam.,pdhal saya mpe skrang hanya mkn buah sm bubur aja sdkit,,mohon penjelasanya dok,,knpa pasca operasi wasir lama sembuhnya apa wasir saya udah parah jd lama penyembuhanya,,trs bahaya konsumsi obat dari dokter dlm jangka wkt lama,,mksh

    Halo, Paska operasi ambeien memang penyembuhan luka cukup lama, hal ini sangat tergantung dari pribadi masing masing. Pola makan dengan mengkonsumsi makanan tinggi serat dan minum air putih yang cukup akan mempercepat penyembuhan dengan cara mengurangi gesekan pada daerah luka operasi. Untuk mengetahui keparahan Ambeien yang telah di operasi dapat ditanyakan kepada dokter yang melakukan operasi. Pemberian obat dari dokter berfungsi untuk membantu penyembuhan dan pemulihan kondisi pasca operasi, tentu saja sudah mempertimbangkan aspek keamanan dan kenyamanan pasien, Semoga bermanfaat, dr. Aditya Pratama.

    Dhani Maximus  agus yuli
    Anggota

    Hallo dok, saya agus umur 22th, seminggu yg lalu saya hbs operasi ambien, knapa rembesan feses masih keluat trus ya dok, kalau buang angin/kentut keluar juga cairan rembesan itu berwarna coklat, apakah hal ini wajar dok?

    Pada beberapa kasus memang ditemukan perembesan feses paska operasi ambeien, terutama setelah BAB yang memaksa mengedan. Namun hal ini cukup normal hingga waktu kurang lebih 1 bulan. Disarankan untuk mengkonsumsi banyak serat baik dari sayuran maupun buah buahan dan menghindari makanan asam dan pedas.

    Dhani Maximus  agus yuli
    Anggota

    Makasih dok infonya, tadi saya kontrol ke dokter yg nangani operasi saya,katanya 3 bulan rembesan akan hilang.

    dok sampe skrng luka bkas operasi wasir saya msh skt klo bab dan msh ada darah sdkit..tp sakitnya udah berkurang kalau udah slsai bab sktnya lngsung ilang,,apa itu wajar dok?? obat yg dari dokter bdah cuma di ksh cefadroxil sama ibuprofen aja..apa ada saran obat lain dok agar bab ga ada darah lg? sblmnya mksh dok

    BAB berdarah paska operasi wasir merupakan hal yang wajar.Untuk mengurangi kejadian tersebut disarankan mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat seperti sayuran dan buah-buahan disertai cukup minum air putih. Dengan pola makan seperti ini diharapkan feses menjadi lebih lunak, sehingga menghidarkan dari proses mengedan dan permukaan feses menjadi tidak terlalu keras yang dapat menyebabkan perlukaan pada luka bekas operasi. Obat yang diberikan dokter sudah cukup, dimana sudah terdapat antibiotik dan pereda rasa nyerinya. Harus diingat untuk tidak mengedan dan mengangkat beban berat. Jangan lupa untuk kembali kontrol kedokter sesuai dengan jadwal yang telah diberikan dokter yang melakukan operasi guna mengontrol luka bekas operasinya.

    Hallo dok, saya lathifah. usia saya 18 tahun. ketika saya sedang BAB, saya mengalami perih di ujung anus. apakah itu merupakan tanda-tanda wasir dok? tapi saya cek tidak ada benjolan sama sekali, hanya terasa perih saat kotoran itu mau keluar. Terus boleh saran obat apa yg bisa menghilangkan rasa perih saat bab ya dok. Terimakasih...

    Halo, Pada stadium 1 tidak terdapat benjolan yang keluar dari anus dan maupun dapat diraba. Gejala yang dirasakan pada stadium ini adalah darah yang menetes pada saat buang air besar disertai dengan nyeri. Untuk memastikannya disarankan untuk melakukan pemeriksaan kedokter umum atau dokter spesialis bedah umum. Pada stasium ini dokter akan memberikan pengurang rasa nyeri seperti parasetamol, dan disarankan untuk mengkonsumsi lebih banyak makan berserat seperti buah-buahan dan sayur-sayuran. Biasakan untuk tidak terlalu lama mengedan pada saat BAB .

    Dokter saya umur 21 ...saya pasca melahirkan uda dapat 2 bulan setiap bab keluar darah terus menerus padahal saya sudah makan .makan tinggi serat sama minum air putih banyak ...sudah mulai keluar benjolan tp bisa masuk sendiri.... ambien itu apa bisa sembuh hanya dengan di obati dokter..apa harus operasi supaya sembuh

    Ambien atau pembesaran pembuluh darah vena tidak dapat hilang dengan mengkonsumsi obat. Ambien dibagi menjadi 4 tahapan:

    1. BAB berdarah segar, tidak terasa atau teraba benjolan,
    2. Terasa benjolan yang dapat keluar dan masuk secara sendirinya,
    3. Benjolan keluar dari anus dan memerlukan bantuan untuk masuk kedalam,
    4. Benjolan keluar dan tidak dapat masuk kembali kedalam anus walau di bantu.
    Bila terasa mengganggu dapat mengkonsumsi obat pereda rasa sakit, namun sifat dari ambien adalah bertambah besar, sehingga bila sudah sangat mengganggu disarankan untuk mempertimbangkan untuk operasi.

    Dhani Maximus  Ardyant
    Anggota

    Slmat sore dok, Saya Ardy umur 21thun Ada benjolan disekitar anus,benjolan keluar pada saat BAB namun masuk kembali secara sendirinya setelah BAB tidak disertai keluarnya darah atau rasa sakit.kalo dihitung saya sudah sekitar 2 bulan menderita penyakit ini. Apa saran buat saya agar benjolan bisa cepat kempes dok.soalnya saya cuma minum obat dr apotik blom periksa kedokter.

    Dhani Maximus  Felicia Winona
    Anggota

    Dok saya mau nanya saya menderita wasir dan jika BAB suka keluar darah dan fesesnya susah untuk keluar , penanganan apa yang saya dapat lakukan? Setidaknya agar wasir dapat lebih baik dan fesesnya tidak keluar darah . Karena terus terang saya sangat stress terimakasih dok.

    Dhani Maximus  Felicia Winona
    Anggota

    Dok saya mau nanya saya menderita wasir dan jika BAB suka keluar darah dan fesesnya susah untuk keluar , penanganan apa yang saya dapat lakukan? Setidaknya agar wasir dapat lebih baik dan fesesnya tidak keluar darah . Karena terus terang saya sangat stress terimakasih dok.

    Halo, Wasir merupakan kondisi penyakit yang memang tidaklah nyaman. Pada Tahap pertama dimana wasir belum menonjol keluar namun sudah mengeluarkan darah dan rasa nyeri tidak diperlukan pengobatan khusus. Namun diperlukan perubahan pola hidup menjadi pola hidup lebih sehat dengan mengkonsumsi lebih banyak makanan berserat tinggi seperti buah dan sayuran. Dengan mengkonsumsi makanan tinggi serat maka feses akan lebih lunak dan dapat dengan mudah dikeluarkan. Hal ini akan mengurangi tingginya tekanan pada wasir dan mengurangi gesekan pada wasir. Hal ini akan menghindarkan terjadinya perlukaan, keluarnya darah dan rasa nyeri pada wasir.

    Dhani Maximus  dinnar
    Anggota

    malam dok.. apa normal jika wanita baru melahirkan terkena wasir?? apakah wasir tdak dpt sembuh sperti sedia kala?? tlog penjelasannya dok,,mksh