Tanya Dokter

  • obat untuk penyakit amiloidosis

  •  h3ndr4pd
    Anggota

    Malam Dokter… saat ini obat untuk penyakit Amiloidosis sudah ada apa belum? Apakah ada orang yng pernah sembuh dari penyakit tsb? Apa yang harus diwaspadai jika sudah kena penyakit tsb? Apakah penanganan penyakit tsb sama dengan kanker? Harapan hidup untuk pasien yng kena penyakit tsb berapa lama?

    Hai,   1) Amiloidosis memiliki penanganan spesifik yang terbagi dari jenis / tipe amiloidosisnya. Saat ini Tidak /Belum ada obat yang bisa menyembuhkan penyakit ini 100 % namun pilihan terapi tersedia untuk mengontrol penyakit ini agar penderita dapat hidup senormal mungkin. 2)  Belum. Hingga saat ini belum ada penderita yang didiagnosa amiloidosis sembuh 100% namun mereka mampu mengontrol penyakit dengan berbagai pilihan terapi yang tersedia sehingga mereka bisa hidup senormal mungkin. Beberapa peneliti mengkaitkan penyakit ini terjadi akibat penimbunan protein abnormal (amiloid) yang diproduksi oleh tubuh sendiri (sumsum tulang) dan kemudian protein abnormal ini tidak mampu dipecah dan dikeluarkan dari tubuh sehingga akhirnya menimbun dalam organ dan menganggu fungsi organ tersebut. 3) Anda harus mewaspadai komplikasi yang dapat timbul dari penyakit ini. Penyakit ini bisa menimbulkan banyak kerusakan organ dan bahkan kematian karena penimbunan abnormal protein dalam tubuh. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan jika sudah terdiagnosis adalah :

    1. Berikan diri Anda aktivitas sesuai kemampuan. Tanyakan pada dokter level pekerjaan apa yang boleh Anda lakukan.
    2. Olahraga ringan sesuai anjuran
    3. Kurangi berat badan dengan diet sehat. Tanyakan dokter gizi Anda.
    4. Perubahan pola makan. Atur makanan Anda agar tetap sehat dengan menu seimbang namun lakukan diet garam dan sesuaikan cairan yang masuk dan yang keluar.
    5. Tetap berpikir positif.
    6. Lakukan pengobatan sesuai anjuran dokter.
    7. Hindari infeksi
    8. Hindari stress
    9. Istirahat cukup
    4) Pilihan terapi akan disesuaikan dengan jenis amiloidosis Anda. Pada kasus AL Amiloidosis (Imunoglobulin light chain) maka pengobatan dengan kemoterapi dan pengobatan stem sel untuk menghentikan sel abnormal memproduksi protein abnormal mungkin bisa dilakukan. Tanyakan secara mendetil pilihan pengobatan yang sesuai dengan jenis penyakit Anda. Pada kasus hereditary (keturunan) bahkan bisa dilakukan transplantasi liver untuk mengontrol penyakit ini. 5) Harapan hidup amiloidosis termasuk baik jika didiagnosis dan ditangani sesegera mungkin sebelum komplikasi timbul. Baca artikel Amiloidosis  secara lengkap di SINI. Semoga membantu.   dr. Yusi