Tanya Dokter

  • Pemberian susu pada bayi dengan asma

  •  linawi
    Anggota
    Dok,, saya mau tanya , anak saya usianya 18 bulan , dari kecil sudah alergi susu sapi, dan pada 2 bulan terakhir ini , saya berikan susu sapi,tapi sudah tidak ada efek merah2 seperti dulu, tetapi asmanya kambuh saat malam hari/ketika dingin langsung batuk dan ada suaranya ngiknya,apakah itu karena pergantian susu sapi itu? Dan apakah saya harus tetap memberikan susu soya? Dan susu apa yg terbaik untuk anak penderita asma? Mohon jawabannya ya dok,

    Terima kasih Linawi atas pertanyaannya di forum Alodokter, asma adalah jenis penyakit jangka panjang atau kronis pada saluran pernapasan yang ditandai dengan peradangan dan penyempitan saluran napas yang menimbulkan sesak atau sulit bernapas. Selain sulit bernafas gejala yang lain yang dapat timbul berupa:
    - batuk
    - mengi
    - dapat disertai nyeri dada

    Pada keadaan asma terdapat beberapa hal yang dapat mencetuskannya serangan asma ini, pada umumnya serangan asma dapat disebabkan oleh:
    - infeksi saluran pernafasan
    - asap 
    - udara dingin
    - latihan
    - makanan 

    Pada penderita asma umumnya pecetusnya berupa udara dingin, infeksi saluran nafas, pengaruh asap, atau latihan. Pencetus dari makanan umumnya jarang terjadi walaupun hal ini juga dapat menjadi penyebab dari timbulnya asma. Jika asma terjadi akibat dari pengaruh makanan maka penyebabnya perlu dihilangkan atau digantikan. Namun sebaiknya hal ini didiskusikan terlebih dahulu ke dokter terkait guna memastikan keadaan yang dialami sekarang.

    Berikut terdapat artikel seputar asma

    Sekian dari saya, semoga dapat membantu
    dr. Christian Chandra