Tanya Dokter

  • Bercak merah dan bengkak pada kulit

  • Malam dok. Ponakan saya malam ini tiba-tiba muncul bercak2 merah dan gatal sekali. 10 menit sebelumnya dia tidak apa-apa,tapi sempat habis makan indomie pakai telur dan cuci tangan dengan air yg dingin (karna sedang musim hujan di bekasi). Tidak lama dia mengantuk lalu tidur, beberapa menit kemudian saya dikejutkan ibu saya bahwa ponakan saya badannya merah2 dan bengkak.. bagaimana cara menanganinya segera ya dok?

    Hallo Rachel Amelia Arief

    Terimakasih atas pertanyaan anda

    Munculnya bercak kemerahan dan bengkak pada kulit keponakan anda bisa disebabkan karena alergi, yaitu reaksi sistem kekebalan tubuh terhadap sesuatu substansi yang dianggap berbahaya walaupun sebenarnya tidak berbahaya. Dimana substansi yang dimaksud ini bisa berupa substansi yang masuk atau bersentuhan dengan tubuh. Jadi alergi bisa disebabkan karena berbagai macam zat yang disebut dengan alergen atau zat pembuat alergi, seperti gigitan serangga, tungau debu, bulu hewan, obat-obatan, makanan tertentu, serta serbuk sari. Zat penyebab alergi ini akan berbeda-beda pada setiap orang dan hanya berefek pada orang yang memiliki alergi terhadap zat tersebut. Gejala reaksi alergi biasanya muncul beberapa menit setelah kontak dengan alergen. Gejala ini juga  dapat berkembang secara bertahap dalam beberapa jam. Pada kasus keponakan anda, gatal dan bercak muncul diperkirakan setelah makan mie instan dan diperkirakan muncul setelah terpapar udara dingin. Kedua kondisi ini memang bisa saja menyebabkan alergi yang dialami oleh keponakan anda. Namun untuk memastikan secara jelas, perlu dilakukan uji alergi pada keponakan anda untuk mengetahui zat apa saja yang bisa menyebabkan alergi pada keponakan anda. Tes ini bisa dilakukan di rumah sakit. Untuk gejala alergi sendiri beragam, mulai dari gatal-gatal atau bercak kemerahan atau muncul bengkak pada kulit (bahkan pada wajah), bersin-bersin, batuk, gangguan saluran cerna. Pada kasus yang parah alergi berat dapat menyebabkan kondisi syok, dimana bisa terjadi penurunan kesadaran pada penderitanya, pusing, tekanan darah menurun dan lain-lain.

    Untuk mengatasi alergi ini secara cepat, tentu saja keponakan anda harus diberikan obat anti alergi seperti golongan anti-histamin (misalnya CTM/klorfeniramin maleat atau loratadin) dan juga obat golongan kortikosteroid (deksametason dan jenis lainnya). Memang sebaiknya obat ini untuk pertamakalinya harus sesuai resep dokter (menyesuaikan dengan berat badan keponakan anda), setelah itu untuk antisipasi jika terjadi alergi, maka anda dapat menyediakan obat anti alergi yang sebelumnya telah diresepkan oleh dokter. Jika kondisi tidak membaik atau bertambah parah, maka sebaiknya keponakan anda mendapatkan penanganan langsung oleh tenaga kesehatan pada tempat pelayanan kesehatan terdekat. Perlu diperhatikan bahwa keponakan anda harus menghindari zat-zat yang dianggap dapat menyebabkan alergi. Jika alergi terhadap udara dingin, maka sebaiknya pertimbangkan penggunaan pakaian yang dapat menahan udara dingin.

    Semoga jawaban ini membantu anda.

     

    dr. Aldy Valentino