Tanya Dokter

  • Penyebab anak usia 18 bulan belum mau berdiri

  • Malam dok, saya punya anak perempuan umur 18 bln, berat waktu lahir 2kg sekarang BBnya 15 kg,yang ingin saya tanyakan dok, knp sampai sekarang anak saya belum mau berdiri, kalau di latih berdiri kakinya gantung,dia sudah bisa merangkak dan duduk sendiri,dan satu lagi dok telapak kaki anak saya kecil, tidak begitu lebar, terima kasih

    Halo Husein, 

    Terima kasih atas pertanyaannya, 

    Untuk menilai petumbuhan dan perkembangan anak, perlu diperhatikan dari naiknya berat badan dan bertambahnya tinggi badan anak serta adanya perubahan dari perilaku dan keterampilan yang dia miliki. Anak usia 18 bulan pertumbuhan dan perkembangan menuju anak usi 2 tahun. Adapun kriteria pertumbuhan dan perkembangan di usia tersebut adalah sebagai berikut: 

    1. Berart badan sekitar 11-12 kg dan tinggi badan 80-82 cm
    2. Anak dapat berlari cepat dan duduk di krsi dengan stabil
    3. Dapat membuat menara 4 balok dan menggunakan pensil dan menulis secara acak
    4. Anak dapat mengucapkan kata 10-15 kata
    5. Anak dapat makan sendiri dan mencium orang tuanya. 

    Orang tua sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan tumbuh kembang anak di usia-usia terutama 2-5 tahun. Proses pemeriksaan dini ini dokter akan menanyakan perilaku dan kebiasaan anak di rumah, dan orang tua dapat berkonsultasi mengenai kesehatan anak, perilaku dan serta tumbuh kembang anak. Pada kasus Anda, disarankan untuk melakukan konsultasi dan pemeriksaan tumbuh kembang anak sehingga dapat dilakukan penanganan khusus dan stimulasi khusus jika memang terjadi keterlambatan tumbuh kembang anak yang bermakna demi mencegah terjadinya penanganan yang terlambat. 

    Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat. 

    Salam, dr.Tiwi.