Tanya Dokter

  • Anak usia 2 tahun belum bisa bicara

  • Dok.saya mw tanya.apa wajar anak saya umur nya 2 th lbih 2 bln tp blm bisa bicara.bicaranya bisa cm 1 atau 2 kata.misalnya mama papa mimik mobil naik sepeda gitu aja.tp lw bicara dg bbrp kalimat gk pernah.apa itu msih normal dok?dan anak saya itu laki2 hiperaktif

    Hai Ena,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Pada usia 2 tahun, seorang anak normalnya sudah memiliki kosakata yang cukup banyak. Selain itu, anak pun sudah mulai dapat menggabungkan 2 kata menjadi berarti, misalnya mama makan, papa pulang, naik mobil, dan sebagainya. Anak pun sudah mulai dapat menjalankan perintah yang disampaikan melalui kata-kata singkat.

    Apabila anak Anda sudah mulai belajar merangkai 2 kata seperti di atas, meski sedikit, maka kondisi yang anak Anda alami masih mungkin merupakan hal yang wajar. Beberapa anak memang baru mencapai ledakan kosakata saat usianya menjelang 3 tahun.

    Beberapa kondisi yang rentan menyebabkan keterlambatan bicara pada anak adalah:

    • Kurangnya stimulasi
    • Penggunaan gadget berlebihan
    • Gangguan pendengaran
    • Gangguan pada otak, misalnya retardasi mental, gangguan bahasa spesifik reseptif dan/ atau ekspresif)
    • Autisme
    • Gangguan hiperaktif (ADHD)
    • Gangguan artikulasi, dan sebagainya

    Mendiagnosis bahwa anak mengalami gangguan hiperaktif, harus didahului oleh pemeriksaan menyeluruh oleh dokter spesialis anak, khususnya subdivisi tumbuh kembang. Anak yang aktif, belum tentu hiperaktif. Karenanya, perlu diperjelas juga, apakah Anda sudah pernah memeriksakan anak Anda ke dokter dan didiagnosis hiperaktif?

    Jika belum, sebaiknya jangan terburu mendiagnosis sendiri kelainan pada anak Anda. Cobalah berkonsultasi terlebih dulu ke dokter spesialis anak terkait perkembangan anak Anda. Dokter umumnya akan membandingkan perkembangan anak Anda dengan patokan yang standar, misalnya kurva perkembangan Denver. Selanjutnya, barulah penanganan yang tepat bisa dilakukan.

    Sebagai langkah awal, Anda bisa rangsang anak untuk berbicara dengan sering mengajaknya mengobrol, bermain, belajar. Batasi penggunaan gadget pada anak (maksimal 2 jam per hari).

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah