Tanya Dokter

  • bayi diare dan demam

  • siang dok, saya mau tanya. anak saya baru berusia 1 bulan dan sekarang sedang mengalami diare sudah 4 hari tp belum sembuh juga padahal sudah sy periksakan ke bu bidan. bersamaan dengan itu tubuhnya juga demam tp sekarang sudah turun suhunya antara 36 dan 37 c. untuk menangani diare tersebut apa yang harus sya lakukan?

    Hallo,   Diare pada bayi sering disebabkan oleh virus yang tidak bisa diobati dengan antibiotik ditambah saluran cerna bayi yang masih rentan dengan penularan infeksi dari lingkungan sekitar.  Karena itu penanganan diare diutamakan lebih untuk mencegah dehidrasi dan mengurangi frekuensi bab. Untuk menangani diare pada bayi, Anda sebaiknya melakukan hal-hal dibawah ini :

    1. Lap payudara Anda dengan handuk bersih sebelum menyusui bayi
    2. Bersihkan tangan Anda sebelum menyentuh bayi, terutama setelah membersihkan pup bayi.
    3. Jika Anda memberikan susu formula, jangan lupa bersihkan dan sterilkan botol dan dot bayi sebelum membuat susu.
    4. Bersihkan pup bayi hingga bersih dengan air suam kuku dan buang serta cuci lampin ( / buang popok) sesegera mungkin.
    5. Jaga kebersihan mulut dan tangan bayi .
    6. Jaga kebersihan empeng bayi jika Anda memberikan dot.
    7. Susui terus bayi Anda setiap 2 jam sekali / setiap anak meminta.
    8. Berikan oralit
    9. Hindari bayi dari orang yang sedang sakit.
    Jika bayi Anda tampak semakin lemah dan tidak mau menyusu maka segera periksakan ke dokter terdekat. Jika kondisi bayi sangat lemah maka pemberian infus untuk mengurangi gejala dehidrasi akibat diare akan diperlukan untuk menghindari komplikasi. Hindari terjadinya dehidrasi pada bayi Anda dengan terus memberikan ASI/ cairan kepada bayi Anda.   Semoga membantu.   dr. Yusi