Tanya Dokter

  • Anak lemas setelah demam

  •  Diah Way
    Anggota

    Malam dok,

    anak saya umur 2,5 tahun. Minggu malam anak saya mengalami demam. Hari senin demam anak saya naik turun. Ketika naik bisa mencapai 39,5 C. Tapi selasa siang sudah tidak panas dan sudah bermain seperti biasa. Hari rabu anak saya sudah kembali beraktifitas seperti semula, hanya saja mulai muncul batuk. Lalu hari kamis nya saya belikan obat batuk di apotek. Sejak itu anak saya menjadi lemas dan mengantuk terus. Makan tidak mau dan minum juga banyak berkurang. Sampai hari ini anak saya masih lemas dan banyak tidur.

    kira-kira kenapa ya dok? apa karna obatnya yang kelebihan dosis?

    tolong penjelasannya dok. terimakasih.

    Dear Diah,

    Sebelumnya obat apa yang Anda berikan dan berapa dosisnya?

    Cukup sulit dari kami menyimpulkan apakah kondisi yang dialami oleh anak Anda disebabkan akibat dari konsumsi obat batuk atau tidak karena kami tidak mengetahui obat batuk yang Anda berikan kepada anak Anda. Beberapa kandungan obat batuk, memang memiliki efek samping dapat menyebabkan kantuk, maka hal ini bisa menjadi kemungkinan penyebab kondisi yang dialami oleh anak Anda.

    Namun apabila keluhan ini muncul disertai menurunnya frekuensi buang air kecil, anak tidak menangis kuat, terlihat lemas, kesulitan makan dan minum, maka baiknya Anda membawa anak Anda agar dpaat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut mengenai kondisi yang dialami sehingga dapat diberikan penanganan yang tepat dan sesuai.

    Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk mengatasi keluhan Anda.

    dr Taneya Putri Zahra