Tanya Dokter

  • Gusi bengkak dan demam pada anak usia 8 tahun

  • Dok..anak saya berumur 8thn,,dia demam dan gusiny bengkak,dia bahkan tdk mau makan,,saya sdh membujukny untuk makan apapun dia ttp tdk mau,dia hy mau minum susu,amankah saya beri dia obat demam bufeck ibu propen tanpa makan dan hy minum susu.sblmny tim ksh dok atas Johnny..

     

     

     

     

    Halo Fia, 

     

    Terima kasih atas pertanyaannya, 

     

    Anak denga keluhan susah makan dapat disebabkan beberapa hal. Kondisi pada anak Anda dikarenakan adanya kondisi gusi yang bengkak. Gusi bengkak dapat diakibatkan adanya infeksi yang terjadi. Pada umumnya gusi bengkak terjadi karena adanya beberapa kondisi berikut: 

     

    1. Gingivitis, yaitu peradangan gusi  akibat penumpukan karang gigi atau adanya karies (lubang) pada gigi
    2. Infeksi virus atau infeksi jamur
    3. Adnaya kondisi kekurangan vitamin C. 

     

    Pembengakakn gusi ditandai dengan adanya membesar, memerah atau menonjolnya gusi hingga dapat samapi menutupi gigi. Kondisi ini menyebabkan keluhan yang tidak ringan, adaya rasa nyeri dan tidak nyaman saat anak membuka mulut. Selain itu, jika infeksi cukup berat dapat menyebabkan gejala sistemik maksudnya keluhan yang timbul tidak hanya pada area mulut tapi dapat diseluruh tubuh. Adapun keluhan dapat berupa badan demam, lemas, nyeri pada otot dan kehilangan nafsu makan. Sangat wajar jika kondisi tersebut membuat seorang anak susah makan. Pada kasus Anda, sangat disarankan untuk melakukan konsultasi dan pemeriksaan langsung oleh dokter sehingga dapat diketahui penyebab terjadinya pembengkakan gusi tersebut. Selain itu, pemberian ibuprofen dapat dilakukan, tapi karena usia anak harus sangat berhati-hati dalam pemberian obat. Diperhitungkan berdasarkan berat badan danmemikirkan adanya alergi obat yang dapat terjadi. Saat ini anak Anda hanya meminum susu, dapat dipertimbangkan pemberian makanan dalam bentuk cair atau jus. Apapun bentuknya untuk sementara dapat diberikan bentuk cairan tersebut selama nilai gizinya masih memenuhi kebutuhan anak. Tidak memaksa namun, perlahan, sedikit namun sering. Pemberian jus buah, smoothies, ataupun bubur saring juga dapat dipikirkan. 

     

    Berikut artikel yang terkait

     

    Trik anak susah makan

     

    Sekian yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat.

     

    Salam, dr. Tiwi