Tanya Dokter

  • demam pada anak dan kaget saat tidur

  •  Vhie Radit
    Anggota
    Selamat malam dokter..saya mau bertanya,anak saya badannya hangat & sakit Gigi,nah kemarin malam anak saya pas tidur,kaget" gitu dok..tapi badannya ga panas,sekarang juga badannya udah ga panas,pas dia tidur malam..dia beberapa kali kaget" kejang gitu ..mohon jawabannya dok,apa karna sakit gigi atau apa dok?terima kasih dokter

    Halo Vhie,

    Kejang merupakan gerakan tidak sadar yang terjadi pada tubuh dan biasanya disertai dengan penurunan kesadaran (pasien tidak bisa berkomunikasi dengan orang sekitarnya). Jika anak Anda mengalami kaget-kaget, hal ini perlu dipastikan apakah dia mengalami kejang atau tidak. Pada anak usia 6 bulan hingga 6 tahun, jika demam diatas 38,5 drajat celcius. Anak berpotensi untuk mengalami kejang demam, dimana kondisi ini dapat menyebabkan kerusakan pada otaknya jika dibiarkan.

    Saat anak Anda mengalami kaget-kaget, Anda dapat mencoba untuk membangunkan anak Anda, jika dia dapat bangun dan merespon Anda, kemungkinan besar hal ini bukan lah kejang demam. Untuk sakit gigi biasanya tidak menyebabkan kaget-kaget. Jika anak atau seseorang mengalami demam, mereka bisa mengalami kaget-kaget atau mengigau karena rasa tidak nyaman pada tubuhnya saat ini.

    Ada baiknya Anda berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis anak. Dokter dapat memeriksa keadaan pada anak Anda, dan melakukan pemeriksaan lanjutan seperti tes darah atau tes yang lainnya jika dirasa perlu. Pemberian obat seperti paracetamol atau ibuprofen dapat diberikan untuk membuat nyaman pada anak Anda. Jika sakit gigi hilang dan demam tidak ada, tidur akan lebih nyaman dan tidak kaget-kagetan. Jangan lupa untuk memberikan air minum yang banyak kepada anak Anda agar tidak dehidrasi.

    Semoga membantu,

    Dr. Yosephine