Tanya Dokter

  • Penyebab anak sulit mengunyah makanan

  •  Diah Nurmala
    Anggota
    Dok saya mau tanya, anak saya usianya 1thn 9bln, lahir nya prematur usia kandungan 8bulan,suka bermasalah sama makannya, kalo makan nasi itu lama banget dok dikunyah tapi tidak mau ditelan kalo ga di dorong pakai air, jadi saya tuh kalo suapin makan sampai 1jam baru selesai karna ngunyah sama nelen nya lama, bahkan nasi sudah halus ga mau ditelan juga pada akhirnya makanya banyak yg dilepehin dari pada yg ketelen nya, tapi klo untuk makan cemilan cepet makannya, hanya makanan yg agak keras lama untuk ditelan banyaknya seringnya di lebih, contohnya seperti bakso, sosis, ikan, nasi, solusi ya gimana ya dok mohon penjelasan nya dok terimakasih

    Diah yang baik,

    problem anak yang suka mengemut makanan sebelum menelannya memang merupakan salah satu kondisi yang sering terjadi pada banyak keluarga. Kondisi seperti ini didasari oleh banyak faktor yang seringkali luput dari perhatian orang tua seperti :

    • adanya masalah pada persarafan di mulut seperti masalah sensorik
    • adanya perlukaan atau sariawan di rongga mulut
    • tekstur makanan yang terlalu keras sehingga anak malas mengunyahnya
    • anak kebiasaan disuapi sehingga pola makannya terbiasa pasif, hal ini biasanya terjadi pada anak yang lebih besar

    Untuk makanan yang memiliki tekstur keras, memang harus secara perlahan diperkenalkan pada anak. Jangan terlalu banyak mencampurkan lauk yang keras. Akan lebih baik jika makanan yang keras tersebut dilunakkan sehingga lebih mudah dikunyah oleh anak. Selanjutnya, jangan juga ragu untuk memeriksakan buah hati ke dokter bila memang kondisi ini sangat mengganggu asupan makan harian si kecil. Berikut kami lampirkan artikel mengenai anak susah makan. Semoga bermanfaat.

     

    dr. N. K. Arief