Tanya Dokter

  • anak susah batuk dengan nafas pendek

  •  chairiah
    Anggota

    sore dokter,

    usia anak saya 3 tahun , anak saya nafas pendek (susah nafas) , nafas bunyi dan disertai dengan batuk . itu kenapa ya dok?

    atau anak saya kena asma karena ada keturunan dr keluarga asma, ciri ciri asma gmna yah dokter?

    Halo,   Gejala yang Anda sebutkan diatas merupakan ciri ciri asma yaitu :

    1. Produksi lendir berlebih akibat peradangan saluran nafas = menyebabkan batuk berdahak yang sulit dikeluarkan.
    2. Penyempitan saluran nafas akibat kontriksi saluran nafas menyebabkan nafas berbunyi "ngik" (mengi) dan sesak nafas dll.
    3. Merasa lemah dan kadang terjadi cekungan pada tulang iga karena usaha anak menarik nafas dalam.
    4. Anak merasa susah bernafas, sehingga menggunakan nafas pendek tapi cepat ( tersengal ).
    Pada umumnya asma bisa dikenali karena nafas mengi yang berbunyi seperti kucing setiap pasien asma mengeluarkan nafas, sementara mereka akan mengeluh susahnya menarik nafas dan sesak, pada anak mungkin agak sulit menanyakan keluhan secara mendetil kepada mereka namun dengan pemeriksaan fisik dan tes medis bisa diketahui dengan mudah apakah anak ibu terkena asma. Jika dalam keluarga ( ayah/ ibu ) memiliki asma maka kemungkinan besar anak Anda akan memiliki keluhan asma yang sama. Walaupun bukanlah penyakit keturunan namun asma biasanya memiliki resiko tinggi jika terdapat riwayat pada keluarga. Periksakan anak Anda ke dokter anak untuk mendapat kepastian diagnosa. Jangan membiarkan anak Anda mengalami sesak nafas berlebih karena hal ini bisa menimbulkan gangguan pertumbuhan pada anak Anda. Kenali faktor pemicu asma anak Anda dan hindari agar asma tidak kambuhan, perbaiki gizi dan nutrisi, istirahat cukup dan minum obat secara teratur sesuai anjuran dokter. Baca artikel Menangani asma pada anak. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi