Tanya Dokter

  • Solusi atasi bayi susah makan dan minum susu

  •  Tika fuji
    Anggota
    Sore dok, dok anak saya berusia 7bulan jalan 8bulan sudah sejak umur 4bulan dia sudah makan dan minum susu formula. Awalnya makan dan minum nya lahap tapi sekarang untuk makan itu sangat susah bahkan saya harus membujuksa makan, untuk minum susunya juga susah kalau di siang hari dia susah untuk minum susu paling banyak 2botol tapi dia lebih suka ai putih di siang hari saat di mlm hari susu nya lumayan bayak bisa habis 4-5botol semalam. Berat sekarang 7,8 saatnyasaat ini, anak saya sangat aktif dia juga suka ngemil biskuit regal dan buah, anak saya makan bubur nestle cerelac dab susu nya frisian flag tapi dia tidak mau makan bubur tim buatan saya apa karna dia tidak bisa menelan nya? Tp dia sudah bisa makan biskuit dan buah apa kira-kira gizi nya terganggu ga ya dok mohon penjelasan nya dan solusi nya. Terima kasih

    Salam,

    Dengan berat badan anak ibu sekitar 7,8 kg pada usia 7 bulan lebih maka berat badan anak ibu dalam batas normal. Anda dapat melihat kesesuaian berat badan bayi di buku posyandu nya. Dengan berat badan yang sesuai, menunjukkan kebutuhan gizi bayi terpenuhi. Indikator lain yang dapat kita lihat berupa aktivitas anak yang positif, komunikasi yang baik, dan tidak mengalami ganguan pertumbuhan rambut, tulang, serta gerak.

    Kebutuhan gizi anak anak 7 bulan dapat dipenuhi dari:

    1. ASI

    2.Sufor

    3. buah atau jus buah, atau buah saring

    4. bubur bayi

    5. ikan, sayur

    Dengan demikian bila Anda sudah memberikan ragam menu tersebut, menunjukkan kecukupan gizi anak.Anda dapat mengevaluasinya setiap bulan dengan mengukur pertumbuhan panjang badan dan berat badan bayi.

    Bila Anda merasakan keluhan berkaitan berat badan bayi Anda, maka sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter anak bagian tumbuh kembang anak. Dokter akan melakukan pemeriksaan dan evalausi terhadap kondisi anak ibu.

    Perawatan dan penjelasan akan diberikan sesuai hasil pemeriksaan.

    Untuk bubur buatan Anda, Anda tetap dapat memberikan variasi rasa dan menu dalam bubur buatan sendr, dengan demikian, sedikit demi sedikit bayi Anda lebih mengenal menu buatan Anda. Sehingga kemungkinan bayi Anda tidak mempunyai gangguan menelan, namun hal ini tetap dilakukan evaluasi dan pemeriksaan oleh dokter secara langsung.

    Demikian info yang bisa kami sampaikan, baca juga diskusi.

    dr. Ulfi