Tanya Dokter

  • Penyebab BAB tidak lancar pada anak usia 2 bulan

  • Ass..dok saya mau tanya ank saya umur 2bulan ..awalnya bab nya lncar tapi sekrang sudah 3hari tidak bab dan kentutnya bau sekali..saya ber asumsi apakh dri pmberian obat saat setelah di imunisasi atau efek samping krena saya minum pil kb..

    Lisna Hermawan Bhubhu Naynay  dr. Devika Y
    Dokter

    Halo Lisna, Apakah anak Anda masih ASI eksklusif? Pada umumnya bayi yang minum ASI eksklusif saja memang bisa lebih jarang buang air besar. Buang air besar hingga sekali dalam 2 minggu pun masih dalam batas normal, dengan catatan anak ASI eksklusif dan tidak ada keluhan lain yang menyertai. Bayi memiliki sistem pencernaan yang belum sempurna. Jika bayi masih ASI eksklusif, Anda tidak perlu khawatir dengan kondisi anak Anda yang belum BAB selama 3 hari asalkan anak bisa kentut, perut tidak keras, tidak kembung, anak tidak rewel, tidak kesakitan, tidak muntah, dan tidak ada keluhan lain selain belum buang air besar. Anda bisa melakukan beberapa tips berikut ini:

    • Telentangkan bayi dan gerakkan kaki bayi dengan gerakan seperti mengayuh sepeda
    • Pijat lembut perut bayi dengan pijatan ILU atau pijatan memutar searah jarum jam
    • Oleskan minyak telon atau minyak kayu putih pada perut bayi
    • Perbanyak pemberian ASI pada bayi
    Sulit BAB pada bayi seringkali disebabkan karena susu formula, MP ASI, dehidrasi, tinja keras, dll. Apabila bayi Anda mengalami keluhan lain seperti di atas atau bayi belum juga BAB setelah 14 hari, sebaiknya Anda membawa anak Anda ke dokter anak agar bisa diperiksa penyebab sulit buang air besar sehingga anak Anda bisa mendapatkan penanganan yang tepat. Dokter mungkin akan melakukan tindakan tertentu untuk membantu agar tinja bayi lebih lunak sehingga lebih mudah dikeluarkan. Jangan memberikan makanan atau minuman lain selain ASI sebelum bayi berusia 6 bulan dan jangan memberikan obat pencahar apapun pada bayi. Berikut artikel yang berhubungan dengan topik pertanyaan Anda: Susah BAB pada bayi Terimakasih dan semoga membantu, dr. Devika Y