Tanya Dokter

  • Penyebab anak tidak mau minum susu

  • Dok, anak saya di beri sufor dr usia 1minggu karna saya tidak ada asi, awal saya kasi sufor bebelove 1, cocok sampe usia 3,5 anak saya mulai tidak mau nyusu harus di colong waktu tidur,lama2 sampe 2minggu sy putuskan ganti s26 promil gold karna sy pikir bosan dgn rasanya, akhirnya anak sy mau nyusu lagi dgn normal sampe 3hari kembali menolak lagi susunya, saya takut anak sy lapar tapi tidak mau nyusu, sebelum ganti s26 itu sy kedokter dulu n jawaban dokter anak sy baik2 saja Kenapa anak sy begitu y dok? Feses n waktu bab nya normal

    Hai Devi.. Terimakasih untuk pertanyaan yang diberikan.

    Sebenarnya ASI merupakan sumber makanan yang terbaik bagi anak hingga usia 2 tahun karena dalam ASI terkandung berbagai macam nutrisi yang baik bagi tubuh, juga dapat mencegah infeksi dan penyakit. Namun, memilih untuk memberikan ASI atau susu formula juga harus memperhatikan keadaan, kesehatan, dan kenyamanan ibu dan bayi. Selama tumbuh kembang anak baik dan tidak terjadi alergi maka boleh saja ibu memberikan susu formula pada anak. 

    Yang harus diperhatikan dalam pemberian susu formula adalah kandungan gizi, kandungan protein, terjadi alergi atau tidak pada anak. Dalam setiap susu formula memiliki kandungan yang berbeda dan nilai. Tanda anak tidak cocok terhadap salah satu susu formula ialah bila anak mengalami:

    • diare
    • alergi, bisa berupa ruam kemerahan dikulit atau bengkak pada bibir atau mata
    • muntah
    • susah BAB, dll

    Untuk itu ibu harus memperhatikan keadaan anak, bila muncul tanda- tanda tersebut maka hentikan konsumsi susu tersebut dan konsultasikan pada dokter spesialis anak mengenai susu yang cocok untuk anak sesuai keadaan anak. Bila dengan konsumsi susu formula tumbuh kembang anak baik dan terus mengalami kemajuan, anak tampak sehat dan beraktivitas seperti biasa, tidak ada gangguan pencernaan maka anak dalam kondisi yang baik dan ibu tidak perlu khawatir. Yang juga penting ialah tetap berikan makanan penunjang lain sesuai usia, rutin ukur tinggi dan beat anak, jika anak susah minum susu maka pastikan anak tetap mengkonsumsi air untuk mencegah dehidrasi.

    Semoga bermanfaat

    dr. Iriyanti