Tanya Dokter

  • Nyeri dada sebelah kanan dan riwayat TB

  •  Septian110991
    Anggota
    Selamat malam dok, saya rasiman umur 27 tahun tinggi 175 cm dan bb 55 kg. Saya mantan penderita Tbc yang kembali merokok dan berusaha untuk berhenti sebab setahun ini saya sering batuk2 kembali dan mengeluarkan dahak bening serta jika disaat batuk, akhir akhir ini saya merasa nyeri di dada sebelah kanan. Yang ingin saya tanyakan apakah saya bisa terserang tbc kembali dok?? Dan kiranya pengobatan seperti apa yg harus saya lakukan saat ini?? Trims atas perhatiannya

    Halo Septian110991.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Tuberkulosis atau TBC memang dapat kambuh kembali. Penyakit TBC dikatakan kambuh apabila pasien mengalami perbaikan gejala serta kultur dahak BTA negatif ketika dalam pengobatan TBC, akan tetapi kembali menjadi sakit dan kultur dahak BTA positif setelah pengobatan selesai. 

    Apabila Anda mengalami gejala yang serupa dengan gejala TBC yang Anda alami sebelumnya, ada baiknya anda memeriksakan diri ke dokter spesialis penyakit paru, untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut seperti pemeriksaan Dahak dan rontgen dada kembali, sehingga segala sesuatunya terang dan jelas, dan penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai dengan kondisi Anda saat ini.

    Sementara itu, ada baiknya Anda mencegah penularan TBC dengan cara : tutuplah mulut dan hidung ketika Anda batuk atau bersin, bukalah pintu dan jendela rumah agar ventilasi didalam rumah terjaga baik serta sinar matahari dapat masuk ke dalam rumah, jangan berdekatan terlalu lama dengan orang yang diketahui menderita TBC, jangan berdekatan dengan anak - anak atau orang tua yang rentan terkena infeksi TBC.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    TBC

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati