Tanya Dokter

  • masih sering lemas setelah minum obat penambah darah

  •  LiNna
    Anggota

    dok sya 2 dh brtahun" bdan sya ngrasain lemes,mudah capek,sering pusing, dr dlu sya mw cek darah takut,kmrn sy cek drah akhirny ktane dokteny cm dsruh cek hp,hsil nya hb sya 10 dok? udh 10hari ni sya minum penmbh drah pi kx bdan q msih lemes,sering capek,tyus sya dsruh gmn dok?kmrn sy priksa ktane sy anemia

    LiNna  Dr. Liyadi
    Anggota

    Hi Anda perlu ke dokter untuk:

    1. Memeriksa ulang dengan tes darah untuk melihat apakah tingkat hemoglobin Anda sudah naik menjadi normal apa belum
    2. Jika belum, perlu dicari tahu penyebab anemia; apakah karena kekurangan nutrisi tertentu saja atau apakah karena ada terjadi pendarahan di dalam tubuh
    3. Jika ternyata darah Anda sudah kemabli normal dan gejala sama sekali tidak membaik, perlu diperiksa untuk dicari tahu apa penyebabnya.
    Pastikan Anda minum cukup air agar terhindar dari dehidrasi yang bisa menyebabkan pusing, lemas dan tidak berenergi.  Makan secara teratur juga dan tidur yang cukup. Pastikan kebutuhan nutrisi Anda terpenuhi karena jika kekurangan nutrisi tertentu, tubuh tidak bisa berfungsi dengan normal. Selain anemia, kondisi Anda juga bisa disebabkan oleh:
    • gangguan pada hormon tiroid
    • diabetes
    • depresi
    • gangguan pada jantung dan lain-lain
    Untuk kepastiannya, periksakan diri ke dokter. Semoga membantu. Dr Liyadi  

    LiNna  LiNna
    Anggota

    dok sya mw tny,, dok apakah hb 10 itu dktakn rendah dok,kx kmrn pas cek hb dokterny bilng sy anemia, tyus ktane dokter umur darah itu 40hri,mnurut dokter sy cek drah lg secpatny ap nunggu 40hari? tyus menurut dokter sy cek hb aj ap cek darah lengkap??

    LiNna  Dr. Liyadi
    Anggota

    Hi Umur sel darah merah adalah 100-120 hari. Anda bisa menunggu hingga jadwal cek darah yang dianjurkan oleh dokter. Namun jika gejala tidak tertahankan atau makin parah, sebaiknya periksakan ke dokter. Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter lain. Bersabarlah dan makan secara teratur dan yang cukup serta istirahat yang cukup. Semua ini akan membantu tubuh pulih. Untuk lebih lanjut mengenai anemia, laman-laman berikut bisa bermanfaat untuk Anda:

    • http://www.alodokter.com/pentingnya-zat-besi-untuk-tubuh
    • http://www.alodokter.com/anemia-defisiensi-besi/
    • http://www.alodokter.com/anemia-defisiensi-vitamin-b12-dan-folat/
    Semoga membantu. Dr Liyadi