Tanya Dokter

  • Lemas dan mudah mengantuk setelah mengonsumsi suplemen penambah darah

  •  annisa zulfa
    Anggota

    salam dok, umur saya 20th. tinggi saya 151 dan berat badan saya 49.

    saya mengalami anemia sejak saya berusia 11 tahun. sudah 1 pekan saya meminum suplemen penambah darah. tapi kenapa setiap saya meminum nya saya jadi semakin lemas dan mudah mengantuk ya dok. padahal saya minumnya 1 kali sehari sebelum tidur dimalam hari. namun lemasnya terasa di pagi dan siang terutama saat saya bangun tidur,kepala saya terasa berat

    Hai Annisa Apakah Anda sudah memeriksakan kadar hemoglobin (Hb/sel darah merah) sebelumnya di laboratorium? Penanganan dari anemia tergantung dari penyebabnya. Karena tidak semua anemia ditangani dengan pengobatan dengan zat besi sebagai penambah darah. Diperlukan pengobatan zat besi pada keadaan anemia akibat:

    • Kekurangan zat besi (defisiensi besi)
    • Perdarahan yang terjadi sedikit-sedikit seperti akibat wasir, menstruasi berlebih, infeksi cacing, dll.
    Untuk mengetahui penyebab dari anemia diperlukan wawancara mengenai gejala lebih lengkap untuk mengetahui kira-kira penyebab anemia, serta pemeriksaan fisik untuk melihat apakah conjungtiva (selaput) kelopak mata pucat/tidak, dan juga pemeriksaan penunjang seperti darah lengkap, MCH, MCHC, MCV, kadar zat besi, dan lainnya. Beberapa penyebab dari anemia yang tidak memerlukan suplemen penambah darah (zat besi), antara lain: Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william