Tanya Dokter

  • Apakah ini gejala anemia?

  • Assalamualaikum , saya mau bertanya . Akhir2 ini gusi saya sering berdarah dok dalam sehari bisa 2-3 kali dok, jantung saya berdebar kencang, mudah lelah, keringat berlebihan , rambut saya rontok dok, kepala saya sering sakit juga. Bagaimana menurut dokter ?

    Hai Anita Penyebab dari gusi berdarah yang paling sering adalah peradangan pada gusi, dimana biasanya juga disertai pembengkakan pada gusi. Penyebab lain yang juga mungkin, antara lain:

    • Cedera misal akibat menggosok gigi yang terlalu keras
    • Gangguan pembekuan darah misal akibat dari penurunan kadar trombosit, leukemia, hemofilia, dll
    • Gigi berlubang.
    Bila perdarahan gusi berlangsung terus menerus, bisa saja menyebabkan anemia (kekurangan sel darah merah) sehingga menyebabkan gejala seperti pusing, mudah lelah dan jantung berdebar kencang. Namun sangat jarang perdarahan gusi sampai menyebabkan anemia. Untuk memastikannya sebaiknya Anda memeriksakan gigi Anda ke dokter gigi. Dan bila perlu dilakukan pemeriksaan darah bila adanya gejala perdarahan ditempat lain seperti mudah memar, mimisan, menstruasi yang banyak dan berkepanjangan. Diskusi serupa dapat Anda ikuti pada link berikut ini: Mengapa gusi sering berdarah? Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william