Tanya Dokter

  • Transfusi darah pada penderita anemia

  • Dok saya mau tanya , saya pernah anemia sampai diberi tindakan transfusi darah 2 kantong, apakah ada kemungkinan untuk transfusi lg ? Dan apakah anemia itu penyakit kambuhan

    Halo arum.........

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Sekedar informasi untuk Anda, anemia merupakan suatu kondisi terjadinya kekurangan hemoglobin pada sel darah merah yang dapat memberikan gejala seperti lemas pada tubuh, Pucet, dan cepat merasa letih.

    Berikut ini beberapa pemicu timbulnya anemia, diantaranya adalah : menstruasi, kurangnya asupan zat besi harian, jadinya pendarahan yang terus menerus, gangguan pada sel darah merah sehingga terjadi pemecahan sel darah merah yang lebih cepat atau kurangnya produksi tubuh teradap sel darah merah, penyakit kronis tertentu seperti gangguan pada hati/ gangguan pada ginjal/ gangguan pada Sumsum tulang belakang.

    Anda dapat saja dilakukan transfusi kembali jika anemia terjadi kembali, dan Anda membutuhkan terapi transfusi untuk menyembuhkan anemia. Anemia juga dapat mengalami kekambuhan jika memang penyebab pastinya belum tertangani dengan baik.

    Tips untuk Anda : konsumsilah makanan yang mengandung zat besi tinggi seperti daging sapi atau kacang Kacangan, minum air putih minimal 2 Liter perhari, tidur dan istirahat yang cukup, olahraga teratur sesuai dengan kemampuan, perbanyak makan buah dan sayur.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati