Tanya Dokter

  • Badan lemas dan nyeri pada penderita anemia

  •  Disyaputri
    Anggota
    Saya sudah 1 tahun terkena anemia, namun pd 1 bulan belakangan saya merasakan lemas bisa sehari 3 kali disertai dengan ngilu di beberapa bagian tubuh, seperti kaki, tangan, dllnya. Namun saya bingung harus konsultasi ke dokter spesialis apa dan apakah harus melakukan medical check up ? Lalu jenis anemia apa yg saya alami ?

    Halo Disyaputri.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Gangguan keshatan yang Anda alami berupa anemia, merupakan suatu kondisi ketika tubuh kekurangan sel darah yang mengandung hemoglobin untuk menyebarkan oksigen ke seluruh organ tubuh.

    Anemia dapat terjadi dalam jangka waktu pendek maupun panjang, dengan tingkat Keparahan ringan sampai berat. Pengobatan kondisi ini bervariasi tergantung pada penyebabnya. Anemia sendiri sebenarnya dapat diobati dengan mengonsumsi suplemen penambah darah secara rutin atau prosedur pengobatan khusus.

    Berikut ini beberapa gejala yang umumnya muncul jika seseorang terkena anemia, diantaranya adalah :

    • Badan terasa lemas dan cepat lelah.
    • Kaki dan tangan terasa kram / linu / pegal.
    • Kulit terlihat pucat atau kekuningan.
    • Detak jantung tidak beraturan.
    • Nafas pendek.
    • Nyeri dada.
    • Sakit kepala.
    • Dan lain sebagainya.

     

    Berikut ini beberapa uraian singkat mengenai jenis - jenis anemia berdasarkan penyebabnya, diantaranya adalah : anemia akibat kekurangan zat besi, anemia akibat kekurangan vitamin, anemia akibat penyakit kronis, anemia aplastik, anemia akibat penyakit Sumsum tulang, anemia Hemolitik, anemia sel Sabit, anemia akibat talasemia, dan masih banyak lagi.

    Oleh karena gejala yang Anda alami sudah sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, maka kami menyarankan segeralah menemui dokter spesialis penyakit dalam terlebih dahulu, dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut khususnya pemeriksaan darah, sehingga segala sesuatunya terang dan jelas, dan akhirnya penanganan yang tepat dapat segera diberikan.

    Tips untuk Anda : ikutilah saran dan pengobatan dari dokter yang Anda temui nantinya, makan makanan yang sehat dan bergizi tepat waktu, minum air putih minimal 2 Liter perhari, tidur dan istirahat yang cukup, olahraga teratur sesuai dengan kemampuan, stop merokok dan jangan minum minuman keras, perbanyak makan buah dan sayur.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    ANEMIA

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati