Tanya Dokter

  • Mengatasi anemia karena cacing gelang, nyeri perut bawah dan leukosit tinggi

  • Dok, Anak saya anemia krn cacing gelang diakibatkan sebelumnya anak pika (makan pasir). Sempat transfusi hemoglobin dan sudah diminumkan obat cacing dan antibiotik. Skrg anak saya mengeluh perut bagian kanan bawah sakit (agak keras bila dipegang). Hasil lab menunjukkan leukosit tinggi. Cek urine normal. Kira2 kenapa ya dok? Apa ada hubungannya dengan cacing tsb? Untuk membasmi cacing yg didalam perut apakah ada cara selain minum obat cacing?
    Yuliana Puspita Kenanga Maharani  dr. Irvandi
    Dokter

    Halo Yuliana Puspita Kenanga Maharani,

     

    Infeksi cacing gelang atau dalam bahasa medis dikenal dengan istilah Ascariasis. Infeksi Ascariasis disebabkan karena adanya cacing gelang (Ascariasis lumbricoides) pada saluran pencernaan dan dapat selanjutnya larva tersebar ke seluruh tubuh termasuk ke organ hati dan saluran pernafasan.

     

    Infeksi pada ascaris diawali dengan masuknya larva masuk ke dalam tubuh manusia. Larva yang masuk ke dalam tubuh didapat dari makanan yang telah tercemar dan tidak terjaga kebersihannya dalam hal ini pica dapat menjadi salah satu faktor risiko dari terinfeksinya si kecil dengan cacing ascaris.

     

    Beberapa keluhan yang ditimbulkan akibat ascariasis diantaranya muntah, kelelahan, nyeri perut dan penurunan pada berat badan. Penanganan yang dilakukan pada ascariasis dilakukan dengan pemberian obat anti-parasit untuk menghilangkan cacing atau dilakukan operasi pada terjadinya infeksi berat pada organ hati atau adanya penyumbatan cacing pada saluran cerna sehingga memerlukan tindakan untuk mengevakuasi cacing.

     

    Hasil pemeriksaan leukosit yang tinggi dapat disebabkan karena adanya infeksi baik bakteri, virus atau parasit di dalam tubuh. Selain itu, pada munculnya nyeri perut bagian kanan bawah dapat disebabkan karena adanya appendicitisinfeksi pada saluran cerna seperti kolitis, atau dapat disebabkan karena adanya sumbatan akibat cacing pada saluran cerna.

     

    Sebaiknya anda segera membawa si kecil untuk dikonsultasikan dengan dokter di rumah sakit terdekat sehingga dapat dilakukan pemeriksaan yaitu pemeriksaan fisik ataupun pemeriksaan tambahan apabila diperlukan seperti pemeriksaan USG, pemeriksaan darah, pemeriksaan tinja, pemeriksaan Roentgen atau CT-Scan untuk mengetahui penyebab dari nyeri yang dialami si kecil apakah berkaitan dengan riwayat infeksi parasit yang dialami si kecil atau disebabkan karena penyebab lain dan dapat dilakukan penanganan terhadap keluhan yang dialami sesuai dengan hasil pemeriksaan yang dilakukan.

     

    Sementara itu, anda dapat mengompres perut si kecil dengan menggunakan air hangat untuk meredakan rasa nyeri, berilah si kecil waktu istirahat yang cukup dan jaga kebersihan makanan si kecil untuk menghindari terjadinya infeksi yang lebih berat atau mencegah terjadinya infeksi berulang pada si kecil.

     

    Semoga informasi ini bermanfaat.

     

    Salam,

     

    dr. Irvandi