Tanya Dokter

  • Cara mengatasi anemia pada ibu menyusui

  • Dok, saya punya kaka yang baru melahirkan 2 bulan yang lalu dan sekarang menyusui aktif, tapi akhir2 ini kaka saya sering lemas pusing dan perasaan mengambang dan mudah lelah . dan setelah di cek hb nya 10.3 apakah ternasuk anemia dok?? Dan cara penanganannya bagaimana??

    Hai Triesi handayani. Terima kasih ats pertanyaan anda.

    Menyusui merupakan suaru yang sangat berhrga untuk buah hati. Tentu kegiatan ini juga dapat menguras tenaga. Untuk itu ibu yang menyusui wajib untuk menjaga kesehatan dan asupan giji sensiri supaya sang buah hati mendapatkan nutrisi terbaik dari ASI. Masalah kesehatan yang sering terjadi pada ibu yang menyusui  adalah kelelahan, stress, kekurangan sel darah merah (anemia), kurang nutrisi, kurang cairan, dll.

    Anemia seringkali terjadi tanpa disadari. Gejala umum anemia seperti cepat merasa lelah, lemas, pucat, pusing dan nafas pendek-pendek sering disalahartikan sebagai kelelahan karena kurang istirahat atau tidur, situasi yang biasa dialami para Ibu yang baru melahirkan. Untuk mengatasinya cobalah untuk rajin mengkonsumsi sumber makanan yang kaya akan zat besi seperti daging, ikan, telur, hati, sayuran berdaun hijau (seperti daun singkong, kangkung, bayam, dsb), kacang-kacangan, sereal dan gandum. Dan tentu makan makanan bergizi seimbang.

    Bila sudah mencoba saran tersebut namun kakak anda tetap merasa mudah lelah, dll sebaiknya sarankan kakak anda untuk periksa ke dokter untuk dilakukana pemeriksaan lebih anjut. Anda dapat menyarankan kakak anda untuk membaca 7 Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui.

    Semoga bermanfaat.

    Salam, dr. Dian