Tanya Dokter

  • Pengobatan angina pektoris

  •  Menanti Pagi
    Anggota

    Dok saya sering mengalami angin duduk dari sejak kecil, namun sekarang lebih sering terjadi apalagi disaat ada beban fikiran.

    Sekarang usia saya 24 tahun, dok. Menurut informasi yang saya googling angin duduk dalam bahasa medis disebut angina pectoris yang disebabkan oleh penyempitan saluran darah di jantung.

    Apakah angin duduk bisa disembuhkan secara total, Dok? Bagaimana penangan yang sebaiknya?

    Oh, iya Dok. Jika mengkonsumsi obat herbal seperti kulit manggis, rebusan daun sirsak, purslane, dan sejenisnya secara terus menerus apakah akan ada efek samping untuk tubuh, Dok?

    Mohon pencerahannya!:)

    Terima kasih Menanti Pagi atas pertanyaannya. Angina pectoris memang seperti yang telah Anda baca di internet, yaitu berupa nyeri dada akibat kurangnya oksigen ke jantung. Hal ini memang sering disebut dengan angin duduk. Angina pectoris ini sangat jarang (meskipun mungkin) mengenai anak kecil, karena itu sebaiknya Anda memastikan kembali diagnosis ini dengan dokter Anda. Angina pectoris ini ada yang stabil dan tidak stabil. Perbedaan kedua hal ini terutama berdasarkan waktu serangannya. Serangan nyeri dada pada angina pectoris yang stabil terjadi pada saat aktivitas fisik, sedangkan yang tidak stabil dapat terjadi pada saat istirahat. Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam ataupun dokter spesialis jantung. Mungkin diperlukan berbagai pemeriksaan seperti: - EKG / rekam jantung yang terkadang dilakukan sambil treadmill. - Pemeriksaan kadar enzim jantung jika terjadi serangan - Echocardiografi - dan lain-lain Mengenai sembuh atau tidaknya, penyakit ini tidak dapat disembuhkan, tetapi dapat dikontrol. Diperlukan obat-obatan ataupun tidakan khusus untuk mengatasi hal ini. Setelah tindakan pun, biasanya dokter akan memberikan obat-obatan untuk rutin dikonsumsi. Mengenai obat-obatan herbal, hingga saat ini bahan-bahan yang Anda sebutkan di atas masih belum ada bukti ilmiahnya, karena itu saya tidak menganjurkan Anda untuk mengkonsumsi hal tersebut. Selain efektivitasnya, efek sampingnya pun masih belum diketahui. Untuk sementara, Anda perlu menjalani pola hidup sehat dan hindari stres. Nyeri dada yang terjadi akibat banyak pikiran bukanlah angina pectoris. Anda juga dapat membaca artikel terkait: Angin duduk Demikian jawaban dari saya, semoga membantu dr. Andika Surya