Tanya Dokter

  • Bolehkah merencanakan kehamilan saat hasil CMV igG positif?

  •  mahfud
    Anggota
    sorre dok,, saya mau nanya,, kalau cmv igg positif, kons 967,5 dr sblmnya 1117,, apakah sudah boleh merencankn khamilan???

    Terima kasih telah bertanya di Alodokter.com

    Hasil pemeriksaan laboratorium CMV atau cytomegalovirus pada dasarnya untuk melihat ada atau tidaknya IgG dan IgM dari masing-masing virus yang diperiksa dengan menggunakan tanda reaktif/tidak (+/-) serta angka yang menunjukkam seberapa banyak virus yang ada di tubuh (jika diketahui reaktif). Berikut hasil interpretasi hasil IgM dan IgG secara umum:

    • IgM negatif dan IgG positif menandakan sudah memiliki antibodi atau pernah terinfeksi sebelumnya. Tidak memerlukan pengobatan.
    • IgM negatif dan IgG negatif menandakan belum adanya antibodi atau belum pernah terinfeksi sebelumnya.
    • IgM positif dan IgG negatif menandakan infeksi terjadi pertama kali dan memerlukan pengobatan.
    • IgM positif dan IgG positif menandakan infeksi akut sudah terjadi > 8 minggu atau merupakan penyakit kambuhan dan memerlukan pengobatan.

    Mengenai penanganan selanjutnya terhadap kondisi Anda dan juga mengenai program kehamilan sebaiknya dikonsultasikan langsung dengan dokter spesialis kandungan yang merawat Anda agar bisa dijelaskan dengan lebih seksama dan menyeluruh sesuai dengan kondisi Anda berdasar dari pemeriksaan fisik, riwayat penyakit lama dan kondisi sekarang serta hasil lab tersebut. Penentuan suatu terapi tidak hanya dilakukan dengan melihat hasil lab saja, melainkan harus melihat penderita secara keseluruhan.

    Semoga bermanfaat, dr.Previyanti