Tanya Dokter

  • Kencing nanah yang kambuh

  •  Markucel
    Anggota
    Selamat sore dokter. Langsung saja, saya mau bertanya. Sekitar setahun yg lalu saya pernah sakit kencing nanah. Lalu saya ke dokter Dan diberi obat antibiotics untuk dihabiskan. Setelah itu memang sembuh. Tadi pagi saya baru sadar, Ada bercak2 pd underwear saya. Setelah saya cek pd kelamin saya, memang mengeluarkan cairan spt nanah dg gejala sama spt sakit Setahun lalu. Pertanyaan saya : 1. Knp hal ini bs kambuh lg? Padahal saya terakhir ML 3bln lalu dan menggunakan pengaman. 2. Untuk menghindari sex, saya melakukan masturbasi hampir tiap hari. Apa ini yg membuatnya kambuh? 3. Apakah saya msh bs menggunakan antibiotics Jenis Zithromax 500mg atau Zibromax 500mg? Ataukah Ada antibiotics yg punya dosis lbh besar? Terimakasih dok atas bantuannya. Selamat sore

    Hallo

    Kencing nanah pada umumnya merujuk pada suatu penyakit menular seksual yaitu gonore, namun begitu ada juga kondisi medis lain yang menimbulkan adanya nanah atau cairan putih pada alat kelamin seperti klamidia, urethritis non gonococcal, balanitis, hingga adanya kanker.

    1. Kondisi yang Anda alami bisa kembali kambuh karena beberapa faktor, jika memang yang Anda alami adalah akibat suatu penyakit menular seksual :

    • Ada kemungkinan dimana bakteri menjadi resisten atau kebal, biasanya kondisi ini terjadi akibat mengkonsumsi obat-obatan antibiotik tanpa adanya pertimbangan klinis oleh dokter. Penggunaan obat-obatan secara sembarangan membuat pengobatan tidak tuntas sehingga akhirnya perlahan bakteri menjadi kebal terhadap obat-obatan tersebut.
    • Anda terpapar kuman penyebab penyakit menular seksual tersebut melalui oral seks, masturbasi, hingga penggunaan alat bantu seks.
    • Adanya kondisi medis seperti penurunan daya tahan tubuh sehingga Anda mudah sekali terkena penyakit pada saluran kemih dan kelamin

    Jika kondisi tersebut bukanlah suatu penyakit menular seksual namun satu gejala kanker penis, maka kondisi ini akan secara bertahap terus muncuk atau bahkan akan bertambah berat.

    2. Ya bisa jadi, apalagi jika masturbasi menggunakan alat bantu seks atau tangan Anda sudah terpapar oleh kuman penyebab pencetus kencing nanah tersebut.

    3. Sebaiknya Anda memeriksakan diri dahulu ke dokter, untuk memastikan terlebih dahulu apa sih sebenarnya penyebab kondisi kencing nanah yang Anda alami, karena meskipun sama-sama infeksi menular seksual pengobatan gonore dan klamidia berbeda, apalagi dengan kondisi lain seperti balanitis dan urethritis non gonococcal.

    Penggunaan antibiotik secara sembarangan berpotensi menyebabkan bakteri menjadi kebal, jika kondisi tersebut sudah terjadi maka Anda akan kesulitan untuk menyembuhkannya. Pemberian dosis yang lebih besar pun tidak selalu bermanfaat jika bakteri sudah benar-benar kebal.

    Artikel terkait untuk disimak Penis Keluar Nanah, Waspada Beberapa Penyakit Ini!

    Demikian informasi yang dapat disampaikan

    dr. Arnold