Tanya Dokter

  • Pengobatan ISK

  •  anonymous
    Anggota

    Selamat malam Dok. Mohon maaf sebelumnya Dok, sy mau tanya. Sy menjalani perawatan dgn diagnosa low intake & ISK, dan hari ini sy diperbolehkan utk plg, sy diberi resep oleh dokter Sp.D yg merawat berupa. cefixime 200mg 2x1, levofloxacin 500mg 1x1, paracetamol 500 mg, dan domperidonen 10 mg. Pertanyaan sy : Kenapa antibiotik ada 2 macam dok? Apa aman jika sy minum semua? Jika aman brp lama jeda antara antibiotik 1 dgn yg 1 nya? Jika lebih baik diminum 1 macam, antibiotik mana yg hrs sy minum?

    Mohon jawabannya ya dok, terimakasih sebelumnya.

    anonymous  dr. Rico N
    Dokter

    Halo Ibu Rissa, Pertama-tama yang saya ingin tanyakan adalah ISK yang ibu derita ISK apa, apakah ISK atas atau bawah ? Pada dasarnya, antibiotika yang lazim digunakan untuk mengobati ISK adalah golongan :

    • TMP/SMX atau kotrimoksasol
    • Golongan Sefalosporin generasi III, misalnya cefixime
    • Golongan Quinolon seperti ciprofloxacin, pefloksasin, norfloksasin, ofloksasin dan levofloksasin
    • Antiseptik saluran kemih seperti asam pipemidat dan asam nalidiksat
    Biasanya untuk ISK sederhana jarang digunakan lebih dari 1 antibiotika. Pada kebanyakan kasus, salah satu obat, cefixim atau levofloksasin saja sudah cukup untuk menangani ISK sederhana. Akan tetapi mungkin dokter Anda memiliki pertimbangan lainnya, karena misalnya, levofloksasin memiliki cakupan antibakteri yang lebih luas dari cefixime karena ia juga dapat membunuh bakteri anaerob. Biasanya levofloksasin diberikan pada kasus yang gagal dengan antibiotik atau antiseptik lain, termasuk cefixim. Keduanya kadang/dapat dikombinasikan terutama pada kasus yang dianggap berat. Jika bicara mengenai interaksi obat, kedua obat tersebut tidak banyak berinteraksi satu sama lainnya dan bisa saja diberikan bersamaan dengan pertimbangan tertentu dan tidak perlu jeda saat meminum keduanya. ISK Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.

  • Apakah informasi ini bermanfaat untuk anda? Iya atau Tidak

    Terima kasih atas masukan anda.