Tanya Dokter

  • Pengobatan keputihan

  •  Momi Jenong
    Anggota

    dok.. saya mau tanya . kalo obat antibiotik buat keputihan bisa di beli di apotek engga ? nama obat antibiotik untuk keputihan apa dok ? tolong di jawab dok..

    Hai, Keputihan sebetulnya ialah respons alami tubuh untuk membersihkan dirinya sendiri. Melalui peningkatan produksi lendir vagina, diharapkan kotoran, sel-sel mati dan kuman-kuman bisa tersapu keluar dari vagina. Produksi lendir vagina sebagian dipengaruhi oleh hormon, karena itu menjelang haid, saat hamil atau sebagai efek samping KB keputihan bisa terjadi secara normal. Kondisi seperti ini tidak memerlukan pengobatan. Pada beberapa kondisi, keputihan bisa terinfeksi oleh kuman, jamur atau penyakit menular seksual, menyebabkan sejumlah gejala seperti keputihan gatal, panas, perih, berbau, nyeri, berwarna hijau / keabu-abuan atau bercampur darah. Pada kondisi yang lebih jarang, keputihan bercampur darah bisa jadi merupakan tanda kanker serviks. Tergantung penyebabnya, pengobatannya pun berbeda -- infeksi kuman memerlukan antibiotik sedangkan infeksi jamur memerlukan obat anti-jamur. Untuk mengetahui penyebabnya, diperlukan pemeriksaan langsung oleh Dokter. Mungkin diperlukan pemeriksaan apusan lendir vagina dan spekulum untuk menunjang diagnosis. Setelah penyebabnya jelas, barulah penanganan yang tepat bisa diberikan. Tips berikut mungkin membantu:

    • Gunakan celana dalam/bawahan yang tidak terlalu ketat
    • Jaga kebersihan organ intim dengan mengusahakannya agar selalu kering, mis. dengan sering mengganti celana dalam/pembalut
    • Bersihkan organ intim dari arah depan ke belakang untuk mencegah infeksi saluran kemih
    Baca juga tips mengatasi keputihan Sekian, semoga bermanfaat. dr. Radius Kusuma