Tanya Dokter

  • Pengobatan cantengan yang tepat

  •  Luna Kuraya
    Anggota
    Selamat siang dong. Saya diberikan antibiotik (amoxicilin) dan pereda nyeri (asam mefenamat) untuk diminum. Kaki saya sedang mengalami cantengan dan bengkak bernanah yang sangat menyakitkan dan terasa sampai lutut. Saya disuruh mengompresnya dengan rivanol dan kain kasa untuk pengobatan luar selama dirumah dan meminum antibiotik dan pereda nyeri. Untuk pereda nyeri saya hanya disarankan untuk minum menjelang tidur saja. Amankah bila saya minum keduanya secara bersamaan? Karena keduanya memiliki dosis 500mg. Saya diberi dosis besar karena saya termasuk resistant bila diberi dosis rendah. Terima kasih.
    Luna Kuraya  dr. Irvandi
    Dokter

    Halo Luna Kuraya,

     

    Cantengan (paronikia) merupakan kondisi peradangan pada kuku akibat adanya infeksi yang dapat disebabkan karena pemakaian alas kaki tertutup seperti sepatu yang terlalu sempit, trauma atau pemotongan kuku yang terlalu pendek. 

     

    Paronikia dapat menyebabkan jari yang terinfeksi menjadi bengkak, kemerahan dan juga disertai dengan rasa nyeri. Pada paronikia, pengobatan dapat dilakukan dengan pemberian antibiotik untuk menghilangkan infeksi dan juga pembersihan jari dengan menggunakan larutan antiseptik dan juga pemberian obat menghilangkan rasa nyeri.

     

    Umumnya dalam mengkonsumsi suatu obat, sebaiknya memberikan jarak antara obat yang dikonsumsi setidaknya 15 sampai dengan 30 menit antar obat. Baik antibiotik ataupun pereda nyeri dapat dikonsumsi secara bersamaan karena keduanya bekerja untuk menyembuhkan penyebab infeksi dan menghilangkan gejala nyeri akibat peradangan yang terjadi pada daerah infeksi. Namun perlu diingat bahwa obat yang anda sebutkan memerlukan pemeriksaan dari dokter dan harus diberikan atas instruksi dokter sehingga tidak dapat dikonsumsi secara bebas.

     

    Selain itu, pada kondisi cantengan sebaiknya anda menggunakan sepatu dengan ukuran yang pas untuk sementara waktu dan menghindari ukuran yang terlalu sempit. Hindari juga untuk memotong kuku terlalu pendek dan menjaga kebersihan kaki dengan mencucinya dengan bersih setiap kali mandi atau beraktivitas. Apabila keluhan akibat cantengan menjadi lebih berat seperti bengkak atau kemerahan yang menjadi lebih berat dari sebelumnya sebaiknya lakukanlah konsultasi dengan dokter untuk melakukan pemeriksaan terhadap kondisi jari anda yang sedang mengalami infeksi sehingga dapat diberikan penatalaksanaan berdasarkan keadaan jari anda.

     

    Semoga informasi ini bermanfaat.


    Salam,

     

    dr. Irvandi