Tanya Dokter

  • antibiotik yang tepat untuk types

  • Tanya dok..istri saya kena types,dah berobat n cek darah,obat tetap d minum,trus ane tambahin minum kapsul ekstrak cacing tanah..kadang saya beri rebusan daun sledri juga..bisa gak dok?? Trus rekomendasi antibiotik yg tepat..karena obat dari RS kurang meyakinkan lho dok...maklum di pinggiran kota..

    Hai,   Kapsul ekstrak cacing tanah merupakan obat herbal yang komposisinya tidak diketahui medis secara lengkap dan efeknya pada tubuh. Untuk info yang lebih lengkap Anda bisa menanyakan langsung kepada ahli herbal (herbalis) atau produsen obat tersebut. Sementara rebusan daun seledri dianggap memiliki antiinflamasi (peradangan) dan antibiotik yang dipercaya dapat membantu menyembuhkan peradangan dan infeksi. Namun bukti keefektifan dari tanaman ini belum diteliti secara mendalam oleh bidang medis. Pengobatan tifoid pada umumnya adalah pemberian antibiotik selama minimal 7 - 14  hari disertai obat pereda gejala lain seperti obat mual, obat demam dll. Selain itu memastikan bahwa penderita cukup asupan nutrisi dan cairan agar tidak dehidrasi dan lemas. Jenis Antibiotik yang digunakan bisa berupa golongan Kuinolon, golongan cephalosporin, kloramfenikol, thiamfenikol, sulfa dll. Namun pemilihan antibiotik sebaiknya disesuaikan dengan kondisi pasien dan juga apakah telah terjadi resistensi. Thypoid adalah infeksi menular yang disebabkan oleh kuman Salmonella thyposa yang memberikan gejala :

    1. Demam naik turun (terutama malam hari) > 1 minggu.
    2. Mual -Muntah
    3. Sakit kepala
    4. Diare / Konstipasi
    5. Tidak nafsu makan.
    6. Sakit perut.
    Diagnosis thypoid dapat ditegakkan berdasarkan pemeriksaan fisik dan tes medis seperti tes darah dan biopsi kandung empedu. Penanganan thypoid pada dasarnya adalah pemberian antibiotik selama 1-2 minggu tergantung kondisi keparahan penderita. Biasanya pasien akan membaik setelah pemberian antibiotik 3 hari, namun untuk memastikan kuman sepenuhnya mati maka habiskan antibiotik Anda sesuai anjuran dokter. Selain pemberian antibiotik maka tindakan laian yang bisa dilakukan sendiri di rumah adalah :
    1. memenuhi kebutuhan nutrisi dengan makan lunak yang kaya gizi
    2. memenuhi kebutuhan cairan dengan minum air putih
    3. Istirahat cukup
    4. Hindari makanan yang terlalu asam, pedas, berminyak dan berlemak
    5. Menjaga kebersihan makanan/ minuman, alat makan dan tangan.
    Semoga membantu.   dr. Yusi