Tanya Dokter

  • Anus terasa panas setelah konsumsi makanan pedas

  •  Widy
    Anggota
    Selamat petang dok. Saya mau tanya, udah 3 hari ini maaf anus saya, saya merasa sedikit terbuka. Saya terus2an makan pedas, seperti aida,cabai dan cabai rawit. Jadi serasa tidak nyaman kalau lagi tidak tidur. Kira2 saya gejala ambien atau apa dok? Terimakasih sebelumnya dok.

    Halo Widy.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Jika yang anda maksud dengan Anus sedikit terbuka adalah anus terasa panas, maka kondisi ini sebenarnya sangatlah wajar terjadi jika anda sebelumnya mengonsumsi makanan pedas yang berlebihan.

    Perlu Anda ketahui, makan makanan pedas yang berlebihan dapat rentan merasakan sensasi Anus panas seperti terbakar pada saat buang air besar dikarenakan secara biologis Anus memiliki kemiripan dengan mulut.

    Cobalah atasi keadan ini terlebih dahulu dengan cara : pastikan Anda selalu membersihkan bokong sampe bersih dan juga kering setelah selesai buang air besar, Anda dapat membersihkan Anus menggunakan air hangat dan juga sabun, oleskan lotion yang mengandung calamin ( yang dapat dibeli di apotik dengan bebas ) pada bagian Anus untuk mengurangi rasa gatal atau rasa seperti terbakar.

    Akan tetapi kami tetap menyarankan untuk segera menemui Dokter apabila kondisi ini masih saja dirasakan dan semakin memburuk, sehingga dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut, dan akhirnya penanganan yang tepat dapat diberikan.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati