Tanya Dokter

  • anus sering sakit sejak hamil 6 bulan

  •  Chelsea
    Anggota

    Pagi dok,saya punya keluhan di sekitar anus dok,semenjak hamil 6bln,anus saya sering sakit,kaya ada benjolan juga di anus,sampe zkrg saya sudah melahirkan.itu penyakit apa ya dok?kadang si sembuh sendiri,tapi kalau lama nda makan buah ya kambuh lagi,makasih dok

    Hai, Ada banyak penyebab yang dapat menimbulkan benjolan di anus, namun salah satu penyebab yang paling sering adalah Hemoroid / Wasir. Hemoroid pada dasarnya merupakan benjolan yang berisi pembuluh darah yang membengkak. Pembuluh darah yang membengkak dapat berasal dari bagian dalam anus, maupun dari bagian luar. Jika mengalami hemoroid / wasir, gejala yang biasa dikeluhkan adalah :

    1. Benjolan pada anus, benjolan tertutama timbul saat mengejan, ada benjolan yang dapat hilang dengan sendirinya setelah tidak mengejan, ada yang perlu di dorong masuk ke anus dengan tangan, ada pula yang walau dengan di dorong benjolan tetap ada.
    2. Rasa gatal, tidak nyaman maupun sakit pada daerah anus
    3. Darah segar yang menetes pada saat buang air besar
    4. dan lainnya
    Wasir memang lebih rentan timbul pada saat hamil. Hal ini disebabkan karena pada saat hamil, bagian perut yang membesar menekan pembuluh darah yang membawa darah balik dari setengah tubuh bagian bawah, sehingga pembengkakan pembuluh darah lebih mudah terjadi. Selain itu, orang yang hamil juga sering mengalami konstipasi atau susah buang air besar. Konstipasi merupakan salah satu faktor yang memicu timbulnya wasir. Berikut merupakan beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah timbulnya wasir :
    1. Banyak makan makanan yang tinggi serat seperti buah dan sayuran
    2. Meminum banyak air putih, kurangi konsumsi kafein
    3. Jangan menunda buang air besar jika sudah terasa ada dorongan untuk buang air besar
    4. Olahraga secara teratur
    Namun, untuk memastikan apakah benar keluhan yang Anda alami benar merupakan suatu hemoroid / wasir, tetap perlu dilakukan pemeriksaan fisik oleh dokter. Jika keluhan nyeri sudah tidak tertahankan juga Anda sebaiknya bertemu dengan dokter agar dapat diberikan terapi yang sesuai.   Semoga membantu, Dian Paramitasari, dr.

    Untuk membaca lebih lanjut mengenai hemoroid / wasir, Anda dapat membuka hamalan berikut : http://www.alodokter.com/wasir-hemoroid/