Tanya Dokter

  • Solusi untuk masalah kemih pada anak saya yang belum kunjung sembuh

  •  Wijayati Maul
    Anggota

    Dok,anak saya sdh hampir 2minggu anyang anyangan/sering buang air kecil tp sedikit2,sdh saya bawa ke Dr 2x,sdh saya urut di tukang urut,tp smp sekarang ЪĽ☺☺♏ ada perubahan,gmn y̶̲̥̅̊α̇̇̇̊ dok saya bingung sekali dok?

    Wijayati Maul  dr. Rico N
    Dokter

    Halo Ibu Wijayati, Anyang-anyangan merupakan salah satu tanda dari infeksi saluran kemih bagian bawah (cystitis) / ISK. Pada kasus ISK, terutama pada anak sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter anak, karena seringkali terdapat penyulit yang menyertainya. Umumnya akan dilakukan pemeriksaan penunjang seperti analisa air kencing dan USG. Penanganan terutama dilakukan dengan pemberian antibiotik, minimal 7-10 hari hingga gejala hilang dan hasil pemeriksaan urin baik / tidak didapatkan bakteri yang bermakna pada urin. Jika perlu, terutama jika respon terhadap antibiotika jelek, dapat dilakukan kultur dan uji sensitivitas bakteri terhadap antibiotika sehingga dapat dipilih antibiotika yang paling sesuai. Informasi lebih lanjut mengenai ISK dapat anda baca di: ISK demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.

    Wijayati Maul  dr. Rico N
    Dokter

    Sebagai tambahan, apakah anak anda sudah dikhitan ? jika belum maka hal tersebut dapat menjadi salah satu faktor resiko / penyulit ISK yang dialami.